Survei: Jadi antitesa SBY, Prabowo ungguli Jokowi

Minggu, 12 Januari 2014 20:30 Reporter : Putri Artika R
Survei: Jadi antitesa SBY, Prabowo ungguli Jokowi Isu kudeta Prabowo. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Hasil survei Lembaga Vox Populi Survei (VPS) merilis nama Prabowo Subianto unggul dari nama calon presiden lainnya yang digadang-gadang seperti Joko Widodo dan Megawati Soekarnoputri . Prabowo mendapat 33,1 persen dari 3.686 responden yang mengikuti poling survei VPS.

Sementara itu elektabilitas Megawati mencapai 15,4 persen, sementara Jokowi mendapatkan 10,1 persen.

Menurut VPS, Prabowo masih dinilai masyarakat dapat membuat perubahan besar untuk mengelola pemerintah. Selama ini di bawah kepemimpinan SBY , pemerintah dianggap lemah, tidak percaya diri, penuh pertimbangan.

"Keterpilihan Prabowo 33,1 persen dikarenakan memiliki strong leadership yang kuat di antara seluruh calon," ujar Direktur VPS Sunaryo, di Bumbu Desa Cikini, Jakarta, Minggu (12/1).

Sosok Prabowo merupakan antitesa dari gaya kepemimpinan SBY yang selama ini dianggap masyarakat sebagai pemimpin yang peragu. Ditambah, Partai Demokrat sangat turun elektabilitasnya akibat banyak kader terjerat korupsi.

"Partai Demokrat terjun bebas dalam keterpilihannya oleh masyarakat menjadi 4,2 persen akibat buruknya kinerja SBY-Boediono," ujarnya.

Dalam temuan survei, masyarakat juga menilai bahwa tipe Jokowi hampir mirip dengan SBY pada Pemilu tahun 2004. Yakni yang tidak juga mendeklarasikan dirinya sebagai calon presiden, dan menunggu Megawati sampai mundur sendiri.

"SBY Tahun 2004 menunggu Megawati dianggap melakukan penzaliman terhadap dirinya karena Megawati menolak mencalonkan Jokowi ," ujarnya.

Sementara itu, Prabowo semakin diunggulkan lantaran memiliki latar belakang militer. 45,9 persen masyarakat Indonesia masih banyak menyukai calon presiden yang berlatar belakang militer.

"Dari para calon presiden yang diusung masing-masing partai, hanya Prabowo lah dianggap memiliki latar belakang militer yang kuat," ujarnya. [ian]

Baca juga:
Prabowo sebut soal wanita itu rahasia Allah

Ketika Jokowi makin jauh tinggalkan Prabowo

'Prabowo capres paling diidamkan rakyat, bukan Jokowi'

Survei: Prabowo menang jika PDIP capreskan Mega

Di survei Cirus, suara Jokowi hampir 3 kali lipat dari Prabowo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini