Survei: Huru Hara Internal PDIP Membuat Elektabilitas Ganjar & Puan Naik

Sabtu, 5 Juni 2021 13:20 Reporter : Ahda Bayhaqi
Survei: Huru Hara Internal PDIP Membuat Elektabilitas Ganjar & Puan Naik Kampanye Ganjar. ©2013 Merdeka.com/parwito

Merdeka.com - Ganjar Pranowo dan Puan Maharani bersaing memperebutkan tiket Pilpres 2024. Namun, dalam survei elektabilitas calon presiden, putri mahkota PDIP itu jauh tertinggal dari Ganjar. Hal ini terlihat dalam survei teranyar Parameter Politik Indonesia yang dirilis Sabtu (5/6).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di posisi tiga besar bersaing ketat dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jakarta Anies Baswedan. Pada simulasi 15 nama elektabilitas Ganjar mencapai 16,5 persen. Sementara Puan hanya 1,7 persen.

Bila melihat tren elektabilitas calon presiden, Ganjar mengalami kenaikan elektabilitas yang cukup signifikan, dari 13,9 persen pada Februari 2021 menjadi 16,5 persen pada Mei 2021.

"Ganjar naik, 13,9 naik dari 15,5," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno saat rilis survei secara daring, Sabtu (5/6).

Sementara itu, Puan memang mengalami kenaikan. Namun angkanya masih tergolong kecil.

Puan pada Februari 2021 hanya 0,8 persen. Bulan lalu, elektabilitasnya naik menjadi 1,7 persen. Adi menilai, ada andil ribut-ribut antara Puan dengan Ganjar beberapa hari belakangan.

"Mungkin tidak terlepas dari huru hara politik yang belakangan terjadi di internal PDIP," katanya.

Survei Parameter Politik Indonesia memiliki sampel sebanyak 1.200 responden. Survei ini dilakukan melalui wawancara telepon pada 23-28 Mei 2021. Survei memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini