Sumbangan Perorangan yang Mengalir pada Prabowo-Sandi

Rabu, 19 Desember 2018 07:00 Reporter : Syifa Hanifah
Sumbangan Perorangan yang Mengalir pada Prabowo-Sandi Deklarasi Prabowo-Sandiaga Uno. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho

Merdeka.com - Calon Presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto berulang kali menyebut dirinya tak punya modal menghadapi Pilpres 2019. Dirinya sampai harus menggalang sumbangan kepada pendukungnya. Prabowo sampai tak segan menyindir elite partai pengusung dirinya yang tidak berkontribusi menyumbang dana untuk Pilpres 2019.

Selain masyarakat umum, para elit partai pengusungnya ramai-ramai mengatakan sudah mengeluarkan uang untuk kampanye Prabowo-Sandi. Berikut ini elit parpol dan masyarakat yang sudah menggelontorkan dana untuk kampanye Prabowo-Sandi.

1 dari 4 halaman

Mardani Sudah Keluarkan Rp 30 Juta

Mardani Ali Sera. ©dpr.go.id

Politikus PKS, Mardani Ali Sera mengatakan dirinya sudah mengeluarkan uang puluhan juta untuk modal kampanye Prabowo-Sandi. Uang tersebut digunakan membiayai alat peraga kampanye, baik kalender, stiker, spanduk, kaos.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi mengatakan kader PKS Indonesia juga dengan sukarela menyumbang dana demi kemenangan Prabowo.

"Biaya pemasangan serta kampanye mendekati angka Rp 30 juta," jelas Mardani.

2 dari 4 halaman

Sumbang Rp 1 Miliar

Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade. ©2018 Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra

Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade juga mengaku sudah menyumbangkan uangnya kurang lebih mencapai Rp 1 miliar untuk kampanye mensosialisasikan Prabowo-Sandi. Sosialisasi dilakukan terutama di wilayah Sumatera Barat.

"Sudah di atas Rp 1 miliar," kata Andre.

3 dari 4 halaman

Sumbangan dari Warga Rp 20 Ribu

Prabowo Subianto . ©AFP PHOTO

Selain dari elit politik, Prabowo-Sandi juga mendapatkan sumbangan dari warga yang nilainya beragam. Salah satunya seorang masyarakat bernama Iqbal Faisal Aji memberi sumbangan dana kampanye ke rekening Galang Perjuangan Prabowo Sandi sebesar Rp 20 ribu.

Mengapresiasi sumbangan tersebut, Prabowo langsung mengapresiasi lewat surat pribadi yang ditulis tangan. Surat tesebut langsung ditulis Prabowo saat tengah berada di Singapura.

"Saya terharu atas dukunganmu, bukan besarnya jumlah dana yang penting keikhlasan dan kebersamanmu yang saya hargai. Bersama kita bela kebenaran dan keadilan untuk rakyat kita," tulis Prabowo dengan dibubuhi tandatangan.

4 dari 4 halaman

Ahok Sumbang Rp 250 Juta

Prabowo Gala Diner dengan Masyarakat Tionghoa. ©2018 Merdeka.com

Prabowo-Sandi juga mendapatkan sumbangan dana untuk kepentingan Pilpres 2019 dari Komunitas Tionghoa. Prabowo mendapat dana sebesar Rp 435 juta dari penggalangan dana itu.

Dari jumlah tersebut, salah satu peserta bernama Kasidi yang juga akrab disapa Ahok menggelontorkan dana sebesar Rp 250 juta.

[has]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini