Strategi Scientific Politic Jadi Kunci Golkar Menangkan Pilkada 2020

Jumat, 11 Desember 2020 22:31 Reporter : Merdeka
Strategi Scientific Politic Jadi Kunci Golkar Menangkan Pilkada 2020 Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Partai Golkar mengklaim berhasil memenangkan 165 Pilkada 2020. Hal ini tercermin dari hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei. Kemenangan Golkar ini dinilai karena menerapkan scientific politic dalam penentuan calon yang diusung.

Pengamat politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk mengakui, strategi scientific politic penting dalam memenangkan voting pemilihan umum. Itu menjadi hal yang niscaya dalam konteks politik modern.

"Kalau bahasa, winning the mind and heart of the people. Memenangkan pikiran dan perasaan pemilih," ujarnya saat dihubungi, Jumat, (11/12).

Hamdi mengatakan, bahkan politisi dan partai politik di negara maju sekalipun menggunakan konsultan dalam membangun konsep pemenangan hati, pikiran dan perasaan masyarakat.

Awalnya yang dilakukan yakni menghitung peluang dengan melakukan survei terhadap isu-isu yang tengah berkembang di masyarakat.

"Survei itu tiga saja, popularitas, kesukaan, elektabilitas, baru diatur strategi. Kalau itu tidak dilakukan, terus ada satu kandidat melakukan ya tingkat kemenangannya lebih besar," tambahnya.

Dia membeberkan beberapa resep kemenangan yakni pertama, pastikan calonnya memiliki popularitas, tingkat kesukaan, dan elektabilitas.

"Tahap berikutnya marketing politik tadi itu menentukan. Ketiga tentu kerja gerilyawan partai. Kombinasi ketiga itu yang penting," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Sebelumnya partai Golkar memantapkan diri...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini