Strategi Demokrat gaet Sri Sultan dinilai tepat

Jumat, 16 Mei 2014 11:51 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Strategi Demokrat gaet Sri Sultan dinilai tepat Sri Sultan. ©2014 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Sore ini Partai Demokrat rencananya mengumumkan pemenang peserta konvensi calon presiden dari Partai Demokrat. Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kabarnya akan membacakan langsung hasil konvensi yang diikuti sebelas peserta itu.

Lamanya pengumuman ini dinilai karena Partai Demokrat masing ingin mengajukan capres. "Pengumuman konvensi Demokrat yang akan diumumkan hari ini oleh SBY, masih harus bekerja keras untuk maju mengusung pemenang tersebut untuk maju sebagai capres," kata pengamat politik PolcoMM, Heri Budiarto saat dihubungi merdeka.com, Jumat (16/5).

Heri menganggap, wacana Demokrat memunculkan nama Sri Sultan Hamengkubuwono X adalah bagian strategi untuk menggaet Partai Golkar.  "Wacana mengusung Sultan, itu bagian dari strategi Demokrat untuk menarik Golkar dalam koalisi yang akan diusung," ujarnya.

Strategi Demokrat dengan menggandeng Sultan dinilainya tepat. Tetapi sambung Heri, kans peserta konvensi untuk bersaing dengan Jokowi dan Prabowo juga sulit artinya masih kalah jauh.

"Jika mencermati situasi politik saat ini, dan elektabilitas capres yang akan diusung, tetap berat bagi Demokrat untuk memenangi pilpres," tambahnya.

Mengenai hasil konvensi sendiri, Heri menilai, kemungkinan hasil konvensi merupakan peserta yang dekat dengan lingkaran Demokrat dan yang dapat diajak bekerjasama dengan partai berlambang bintang mercy tersebut.

"Karena keputusan ada di Majelis Tinggi, di mana SBY akan mendorong orang yang bisa bekerjasama dan dekat dengannya," terang Heri. [has]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini