Sowan ke Sinta Nuriyah, Sandi diingatkan jadi pemimpin amanah

Senin, 10 September 2018 16:06 Reporter : Hari Ariyanti
Sowan ke Sinta Nuriyah, Sandi diingatkan jadi pemimpin amanah Sandiaga Uno bertemu istri Gus Dur. ©2018 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - Bakal calon wakil presiden (cawapres), Sandiaga Salahuddin Uno bersilaturahmi ke kediaman istri almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid. Sinta Nuriyah didampingi putrinya, Yenny Wahid.

Pertemuan berlangsung sekitar dua jam dan tertutup. Sinta Nuriyah berpesan kepada Sandiaga agar menjadi pemimpin amanah jika kelak terpilih menjadi wakil presiden RI.

"Ya (wejangan) yang pertama adalah amanah. Pemimpin harus amanah terhadap masyarakat," kata Sinta di kediamannya di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (10/9).

Wejangan penting lainnya yang disampaikan kepada Sandiaga ialah soal menjaga keberagaman bangsa. Mengingat bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk.

"Karena kita tinggal di Indonesia negara yang majemuk, kita harapkan bisa menjaga keutuhan dari bangsa dan negara. Itu saja," tambahnya.

Kepada Sandi, Sinta Nuriyah juga mengingatkan tak mudah menjadi pemimpin. Karena itu hendaknya Sandi meminta masukan dari tokoh-tokoh yang telah berpengalaman dalam memimpin negeri ini.

"Semuanya tahu dan saya kira jadi pemimpin itu tidak gampang, sangat berat, sangat sulit. Karena itu beliau juga mencari masukan-masukan dari yang tua-tua bagaimana caranya mengatur negara agar bisa betul-betul membawa masyarakat menjadi masyarakat yang sejahtera, yang rukun, damai, dan bisa tetap menjadi satu kesatuan, Negara Kesatuan Republik Indonesia," pesannya.

Ibu negara keempat RI ini mengapresiasi kedatangan Sandiaga untuk bersilaturahmi. Kedatangan Sandi kepada tokoh masyarakat menurutnya sebagai bentuk penghormatan kepada orang tua. Silaturahmi juga merupakan kebiasaan yang sering dilakukan Gus Dur semasa hidupnya.

"Silaturahmi adalah kebiasaan yang memang selalu dilakukan oleh Gus Dur dan manfaatnya banyak sekali dan itu dilakukan juga oleh Pak Sandi," jelasnya. [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini