Soroti Penembakan Selandia Baru & Belanda, Ma'ruf Ingatkan Bahaya Intoleransi

Rabu, 20 Maret 2019 14:46 Reporter : Ahda Bayhaqi
Soroti Penembakan Selandia Baru & Belanda, Ma'ruf Ingatkan Bahaya Intoleransi Maruf Amin di Cilacap. ©2019 Merdeka.com/Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin melakukan dialog kerukunan antar umat beragama di Bengkulu, Rabu (20/3). Ma'ruf bicara potensi konflik karena dipicu intoleransi.

Mustasyar PBNU itu menyoroti peristiwa penembakan di luar negeri. Dua peristiwa itu adalah penembakan di Masjid Al-Noor, Christchurch, Selandia Baru, dan penembakan di Utrecht, Belanda. Kedua pelaku memiliki kesamaan paham intoleran dalam sudut pandang berbeda.

"Terjadinya penembakan dan bom di luar negeri itu karena munculnya kelompok intoleran," ujar Ma'ruf dalam sambutannya di acara Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama di Bengkulu, Rabu (20/3).

Ketua Majelis Ulama Indonesia itu mengatakan intoleransi muncul dari mana saja. Ma'ruf meminta intoleransi ini harus dilawan supaya bangsa tetap utuh.

"Jadi intoleran itu bisa dari mana saja. Ini harus kita lawan supaya keutuhan bangsa ini, kehidupan kita harmonis, jangan sampai tidak harmonis," tegasnya.

Dalam dialog ini dihadiri Ketua Komunikasi Antar Umat Beragama, Ketua Persatuan Antar Umat Buddha Indonesia, Ketua Persatuan Umat Hindu Dharma Indonesia, Ketua Pengurus Umat Kristen, dan para tokoh agama.

Di hadapan para tokoh-tokoh agama, Ma'ruf mengingatkan pentingnya mencegah paham intoleran supaya merawat keutuhan.

"Kita harus menjaga merawat keutuhan bangsa ini dan mencegah terjadinya konflik, mencegah terjadinya paham-paham intoleran baik dari kalangan Islam maupun non-Islam," kata Ma'ruf. [dan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini