Soroti Kerumunan saat Lebaran, DPR Ingatkan Bayang-Bayang Ledakan Kasus Covid-19

Sabtu, 15 Mei 2021 09:02 Reporter : Ahda Bayhaqi
Soroti Kerumunan saat Lebaran, DPR Ingatkan Bayang-Bayang Ledakan Kasus Covid-19 Sejumlah warga memadati Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang. ©2021 Antara

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar menyoroti ramainya mal, pasar, makam dan tempat strategis lainnya saat lebaran. Muhaimin menyebut, banyak kerumunan hingga pelanggaran protokol kesehatan.

Ia berharap tidak ada ledakan kasus positif setelah lebaran. Maka itu, masyarakat diimbau untuk tidak keluar rumah dan menjaga protokol kesehatan.

"Kalau kita amati beberapa hari belakangan ini di tempat-tempat keramaian massa berjubel dan ketaatan terhadap protokol kesehatan mulai kendor. Kalau melihat kepadatan di jalanan ketika hari H Lebaran pasca salat Ied, seperti di kawasan penyangga sekitar Ibu Kota, itu menunjukkan kalau pergerakan orang mulai leluasa. Kita berharap jangan sampai ada ledakan kasus pasca Lebaran ini. Kalau bisa tetap di rumah saja, tapi kalau memang harus keluar rumah ya tolong jaga protokol kesehatan demi keselamatan bersama," katanya dikutip Sabtu (15/5).

Muhaimin mengakui tidak mudah mengendalikan mobilitas masyarakat. Peraturan pembatasan tidak menahan pergerakan masyarakat. Karena itu, ia mengingatkan bahwa harus ada kesadaran pribadi untuk tetap disiplin menjaga diri dan keluarga terhadap potensi tertular virus.

"Saat ini seolah-olah masyarakat ini sudah kurang peduli dan merasa tidak ada apa-apa lagi padahal kalau kita lihat data harian kasus Covid-19 ini masih cukup tinggi. Memang kondisi seperti ini membosankan, tapi bagaimanapun menjaga kesehatan diri dan keluarga itu harus jadi prioritas," ujar Ketua Tim Pengawas Penanganan Bencana Covid-19 DPR ini.

Muhaimin mengingatkan angka kasus positif Covid-19 dan angka kematian masih sangat tinggi. Kondisi pandemi di Indonesia dinilai sangat mengkhawatirkan.

"Kalau lihat angka pergerakan kasus hari tersebut, ini masih cukup mengkhawatirkan jadi jangan pernah lengah sedikitpun. Tetap patuhi protokol kesehatan," kata Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Ia juga meminta agar pasca Lebaran ini, program vaksinasi dipercepat sehingga potensi kekebalan tubuh masyarakat dari serangan virus semakin baik.

"Tapi jangan pernah berpikir kalau sudah divaksin lantas sudah aman terus abai prokes. Ingat, vaksinasi hanya merupakan ikhtiar untuk mengurangi laju penularan, bukan berarti kita terus kebal dari serangan virus kalau sudah divaksin," katanya. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini