Sore ini PPP, Demokrat, PKB dan PAN rapat bahas kriteria cagub DKI

Kamis, 15 September 2016 11:45 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Sore ini PPP, Demokrat, PKB dan PAN rapat bahas kriteria cagub DKI Ilustrasi Pemilu. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Sekjen PPP Asrul Sani mengatakan partainya akan menggelar rapat bersama PKB, PAN dan Demokrat untuk membahas kriteria bakal calon yang akan diusung bersama. Keempat partai ini disebut bakal membentuk poros baru menyikapi kian mesranya PKS dan Gerindra yang berpeluang mengusung Sandiaga-Mardani.

"Nanti sore mau kita tuntaskan kriteria, 17 kriteria kita terapkan kepada masing-masing orang. Sandiaga punya berapa, Rizal Ramli berapa, Anies Baswedan berapa," kata Asrul di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/9).

Asrul tidak membantah jika keempat partai itu berencana membentuk poros baru di Pilgub DKI. Oleh karena itu, demi menyatukan persepsi soal kriteria dan siapa jagoan yang bakal didorong, keempat partai itu menggelar pertemuan.

"Arahnya ke sana (poros baru). Menawarkan alternatif baru tidak bicara orang. Kalau tidak pakai kriteria enggak ketemu, subjektif setiap orang (parpol) pakai pokoknya, dan lain-lain," terangnya.

Sebelumnya, anggota komisi III DPR ini menyatakan apabila PKS dan Gerindra sepakat mengusung Sandiaga-Mardani, empat partai itu kemungkinan akan bersatu dan mengusung calon sendiri.

"Meski belum fix, empat partai lain yang secara resmi belum deklarasi calonnya ini dalam pembicaraan intensif. Demokrat, PPP yang kursinya sama-sama 10, PKB dan PAN berbicara intensif," kata Asrul di Komplek DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (15/9).

"Tidak tertutup kemungkinan kalau Sandi-Mardani itu menjadi fix maka akan ada. Calon ketiga yang akan diusung oleh 3 atau 4 partai," sambungnya.

PAN telah mengumumkan bakal mendukung mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli sebagai bakal calon gubernur DKI. Asrul menyebut PAN telah berkomunikasi dengan PPP soal usulan mengusung Rizal. [hhw]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini