Soal Reshuffle, PDIP: Tidak Boleh Ada Menteri Beda Irama Siapkan Kontestasi 2024

Minggu, 27 Maret 2022 11:48 Reporter : Merdeka
Soal Reshuffle, PDIP: Tidak Boleh Ada Menteri Beda Irama Siapkan Kontestasi 2024 Hasto Kristiyanto di DPP PDIP. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengingatkan menteri bekerja sesuai tugas di tengah isu perombakan kabinet atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Hasto mengatakan bahwa menteri harus seirama dalam menjalankan tugas dengan tak memikirkan hal lain seperti Pilpres 2024.

"Tidak boleh ada menteri yang punya irama yang berbeda, belum-belum sudah mempersiapkan diri dalam kontestasi 2024 misalnya," kata Hasto saat ditemui di Plaza Timur GBK Jakarta, Minggu (27/3).

Hasto menambahkan, kerja presiden saat ini masih sangat berat. Mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih terus dikendalikan agar tidak kembali melonjak serta pemulihan ekonomi yang terus dipulihkan.

"Jadi semua (menteri) harus konsentrasi karena siapapun yang bekerja untuk rakyat, pasti rakyat akan memberikan apresiasi," tegas Hasto.

2 dari 3 halaman

Reshuffle Kabinet Dikabarkan Setelah Lebaran

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menduga Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle kabinet setelah lebaran. Prediksi banyak pihak reshuffle akan digelar Rabu Pon pekan ini meleset.

Jazilul meyakini Jokowi tidak mungkin merombak kabinetnya sebelum Ramadan atau Lebaran tahun ini.

"Kelihatannya masyarakat yang menunggu-nunggu adanya reshuffle ini tentunya harus bersabar. Dugaan saya mungkin ya habis Puasa, habis Lebaran kalau ada," ujarnya kepada wartawan, Kamis (24/3).

Jazilul menuturkan, Jokowi sudah lima kali melakukan reshuffle. Ia menduga bila dilakukan kocok ulang kabinet, maka ini yang terakhir kali.

"Pak Jokowi sudah lima kali melakukan reshuffle. Seandainya Pak Presiden mau melakukan reshuffle, mungkin ini yang terakhir," kata dia.

3 dari 3 halaman

Jokowi Marah Ancam Reshuffle

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal reshuffle di depan bawahannya. Bermula saat Jokowi jengkel masih banyak Kementerian, Lembaga hingga pemerintah daerah yang masih menggunakan produk impor.

Tak hanya itu, Jokowi minta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengganti direktur utama (dirut) di perusahaan BUMN yang tidak taat pada hal-hal yang sudah disepakati.

"BUMN, saya sampaikan ke menteri BUMN, dah ganti dirutnya, ganti, ngapain kita?" kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIM), kepala daerah, dan direktur utama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Nusa Dua, Bali, Jumat (25/3).

Menurutnya pergantian dirut adalah urusan Menteri BUMN, tetapi untuk kementerian merupakan hak presiden. Menteri yang kerja kurang baik, juga bakal diganti.

"Kementerian, sama saja tetapi itu bagian saya itu. Reshuffle, sudah heeeeh saya itu," ucap Jokowi.

Pernyataan Jokowi pun disambut tepuk tangan dan gelak tawa para bawahannya. Terlihat Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir pun terlihat tertawa mendengar ucapan Jokowi.

Untuk diketahui isu reshuffle beberapa pekan ini mulai berhembus kembali. Tidak hanya itu,Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan, tidak ada tanda-tanda reshuffle kabinet. Ia mengaku heran banyak yang menanyakan kepada dirinya kapan reshuffle dilakukan Presiden Joko Widodo.

"Sampai dengan hari ini belum ada tanda-tanda reshuffle. Saya juga heran banyak yang nanya reshuffle, kelihatannya belum ada tanda-tanda," ujar politikus yang akrab disapa Cak Imin ini di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/3).

Reporter: Muhammad Radityo Priyasmono/Liputan6.com [gil]

Baca juga:
Jokowi Ancam Reshuffle, Waketum NasDem: Kader Kami Tak Ada yang Mengecewakan
Cak Imin Yakin Kadernya Tak Kena Reshuffle, NasDem: Hak Presiden Jangan Diutak-atik
Jokowi Bicara Soal Reshuffle di Hadapan Menteri: Sudah Heeh Saya Itu
Waketum PAN: Kita Itu Sayang Banget dengan Cak Imin dan PKB
Jokowi Sentil Kementan soal Impor, NasDem Tak Khawatir Kena Reshuffle
Cak Imin Tak Ingin Kursi Menterinya Diganggu, PAN Anggap PKB Saudara Kembar
Jokowi Marah Ancam Reshuffle, Cak Imin: Tak Ada yang Berani Senggol PKB

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini