Soal Dukungan Prabowo Capres, Sugiono Gerindra: Tanya Sandiaga

Selasa, 16 Agustus 2022 13:09 Reporter : Alma Fikhasari
Soal Dukungan Prabowo Capres, Sugiono Gerindra: Tanya Sandiaga Sandiaga Uno Hadiri Rapimnas Gerindra. ©2019 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Partai Gerindra resmi mendukung Prabowo Subianto kembali maju sebagai calon presiden di Pemilu 2024. Sementara kader lainnya, Sandiaga Uno dilirik PAN dan PPP untuk juga maju dalam kontestasi.

Waketum Gerindra, Sugiono enggan menjawab apakah Sandiaga Uno dukung Prabowo jadi Capres lagi atau tidak. Pada Pemilu 2019, Sandiaga mendampingi Prabowo sebagai cawapres.

Sugiono meminta pertanyaan itu ditanyakan langsung kepada Sandiaga.

"Itu pertanyaan ditujukan ke Pak Sandi," kata Sugiono di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/8).

2 dari 4 halaman

Hubungan Prabowo dan Sandiaga

Meskipun begitu, Sugiono menegaskan bahwa hubungan antara Prabowo dan Sandiaga baik-baik saja. Walaupun dalam deklarasi Gerindra mendukung Prabowo Capres, Sandiaga berhalangan hadir.

Sugiono menambahkan, Sandiaga tak bisa hadir di hari pertama Rapimnas Gerindra karena berhalangan. Tugas negara sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Karena ada acara sesuatu Pak Sandi tuh. (hubungan) Baik-baik saja," ujar dia.

3 dari 4 halaman

Respons Sandiaga

Sebelumnya, Sandiaga didukung Ketum PAN Zulkifli Hasan untuk maju di Pemilu 2024. PPP pun mengaku serius berminta memajukan Sandiaga.

Namun, Sandiaga merespons santai perihal dukungan itu. Menurut dia, apa yang dibilang Zulkifli Hasan cuma spontanitas sebagai kawan.

"Ya mungkin itu spontan ya pak Zulhas. Sahabat lama saya pak Mendag," kata Sandiaga di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8).

Sandiaga dan Zulhas bertemu di agenda Retail Summit 2022 dan Hari Belanja Diskon Indonesia di Sarinah, Thamrin, Jakarta, Senin (15/8).

Sandiaga menyampaikan terima kasih kepada Zulhas atas dukungannya sebagai calon presiden. Ia mengaku saat ini berfokus untuk menyelesaikan agenda pembangunan sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

"Beliau menyampaikan nostalgia, saya ucapkan terima kasih dan kita sama sama fokus untuk menyelesaikan agenda pembangunan ke depan sesuai dengan arahan presiden," kata Menparekraf ini.

"Agenda pembangunan ke depan sesuai dengan arahan presiden dan ternyata tadi sesuai dengan pidato bapak presiden tantangan yang kita hadapi tidak ringan terus kita lakukan dengan bergandengan tangan," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Dilirik KIB

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan terang-terangan menyatakan dukungan kepada politikus Gerindra Sandiaga Uno sebagai calon presiden. Hal itu bahkan disampaikan di hadapan Sandiaga Uno.

Momen itu terjadi ketika acara Indonesia Retail Summit 2022 dan Hari Belanja Diskon Indonesia di Sarinah, Thamrin, Jakarta, Senin (15/8).

Zulhas hadir selaku menteri perdagangan dan Sandiaga sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif menjawab pernyataan wartawan.

Zulhas menyatakan, tertarik mendukung Sandiaga di Pilpres 2024. Sebab, pada Pemilu 2024, Zulhas dan PAN mendukung Sandiaga yang menjadi cawapres berpasangan dengan Prabowo Subianto.

"Pilpres tahun lalu saya dukung beliau (Sandiaga Uno), semoga 2024 bisa mendukung lagi," ujarnya. [rnd]

Baca juga:
Dilirik KIB Maju Pilpres 2024, Sandiaga: Terima Kasih
Paparkan Visi Misi, Siapa Tokoh Tepat Jadi Capres KIB?
Reaksi Prabowo Dengar Ketum PAN Berharap Bisa Dukung Sandiaga di 2024: Bagus
Zulhas Ingin Dukung Sandiaga, PPP Hormati Sikap Mitra Koalisi
Komunikasi Makin Intens, NasDem Tegaskan Koalisi Bersama PKS-Demokrat Segera Terwujud

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini