Soal 5 Nama Kandidat Jaksa Agung, Demokrat Bilang 'Prabowo yang Tentukan'

Kamis, 31 Januari 2019 11:59 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Soal 5 Nama Kandidat Jaksa Agung, Demokrat Bilang 'Prabowo yang Tentukan' Prabowo-Sandi di Debat Capres. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Partai Demokrat sepakat posisi jaksa agung tak boleh diisi kader partai atau berafiliasi dengan partai politik. Karena itu, Demokrat menjamin, apabila Prabowo-Sandiaga menang, maka jaksa agung diisi oleh orang-orang berintegritas yang jauh dari latar belakang politik.

Sekjen Demokrat, Hinca Panjaitan mengatakan, Kejaksaan Agung lembaga hukum yang sangat penting dan menentukan.

"Harus diisi orang yang berkompeten dan tanpa terikat afiliasi politik tertentu," kata Hinca kepada merdeka.com, Kamis (31/1).

Hinca menanggapi beredarnya lima kandidat calon jaksa agung dalam pemerintahan Prabowo-Sandiaga. Dia tak tahu soal lima nama kandidat tersebut dibuat oleh siapa. Tapi menurut dia, jaksa agung harus bekerja untuk kepentingan umum.

"Dia bekerja untuk kepentingan umum menegakkan hukum di bingkai keadilan," tambah anggota Komisi III DPR itu.

kandidat jaksa agung era prabowo-sandiaga ©2019 Merdeka.com/istimewa


Beredar di media sosial lima tokoh nasional yang disebut menjadi kandidat Jaksa Agung apabila Prabowo-Sandiaga menang Pilpres 2019. Lima tokoh ini memang dikenal sebagai orang-orang yang pakar di bidang hukum dan tak berafiliasi pada partai politik.

Dalam foto tersebut, ada nama penyidik KPK Novel Baswedan, mantan wakil ketua KPK Bambang Widjojanto serta Busyro Muqoddas. Dua lainnya yakni, ahli hukum Todung Mulya Lubis dan mantan pimpinan KPK Chandra M Hamzah.

Hinca menganggap, nama-nama tersebut sebagai sebuah aspirasi dari masyarakat. Layak atau tidaknya, dia menilai, Prabowo nantinya yang berhak untuk menentukan.

"Nama yang dimunculkan di masyarakat tentulah nama yang juga sesuai perasaan publik. Tinggal presiden terpilih memutuskannya," tegas Hinca. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini