Singgung Gerindra-PKB dan KIB, PDIP Segera Tentukan Arah Bandul Kerja Sama

Rabu, 17 Agustus 2022 10:34 Reporter : Ahda Bayhaqi
Singgung Gerindra-PKB dan KIB, PDIP Segera Tentukan Arah Bandul Kerja Sama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, PDIP pada akhirnya akan menentukan arah koalisi Pemilu 2024. Saat ini belum dilakukan karena partai berlambang banteng ini memiliki strategi sendiri. PDIP pun menghormati kehadiran Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Golkar, PPP, dan PAN, serta koalisi Gerindra-PKB yang baru dideklarasikan.

"Ada yang saat ini memulai kerja sama seperti adanya KIB, seperti adanya Gerindra dan PKB itu merupakan bagian strategi setiap partai PDIP punya strategi tersendiri," ujar Hasto ditemui saat perayaan HUT RI ke-77 di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Rabu (17/8).

Strategi yang tengah disusun PDIP pada akhirnya mengarah kepada penetapan siapa calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung di Pilpres 2024.

"Tapi pada akhirnya seluruh kerja sama itu akan bermuara pada siapa yang menjadi calon presiden dan calon wakil presiden," sambung Hasto.

PDIP punya skala prioritas hari ini untuk membantu masyarakat. Akan pada saatnya PDIP menentukan bandul arah kerjasama politik Pemilu 2024.

"Sementara bagi kami presiden dan wakil presiden yang memilih rakyat. Sehingga turun ke rakyat itu yang menjadi skala prioritas dan yang nantinya akan bermuara pada kerja sama itu. PDIP akan ikut menentukan ke arah bandul mana kerja sama itu dikerucutkan," ujar Hasto.

2 dari 2 halaman

Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi menandatangani piagam kerja sama politik untuk 2024, pada Sabtu (13/8) di SICC, Bogor, Jawa Barat.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saling bergantian menandatangi piagam tersebut.

Sementara KIB tengah mematangkan visi misi hingga pencarian figur Capres-Cawapres. KIB berencana menggelar pertemuan di Surabaya untuk konsolidasi menghadapi Pilpres 2024. [ray]

Baca juga:
PDIP Enggan Buru-buru Siapkan Koalisi 2024: Jangan Seperti Dikejar Peluru
Kriteria Capres-Cawapres PKS: Nasionalis dan Religius
Cak Imin Ungkap Pengganggu Koalisi, Gerindra: Biasa Itu Parpol Ada Godaan dan Rayuan
Puan Ditanya Kapan PDIP Berkoalisi: Tunggu Tanggal Mainnya
Cak Imin: Internal & Eksternal, Banyak Minta Saya Tak Koalisi dengan Prabowo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini