Sindir Jokowi, Demokrat: Pemimpin Pikir Rakyat Dilihat dari Rekam Jejak Bukan Fisik

Minggu, 27 November 2022 09:45 Reporter : Ahda Bayhaqi
Sindir Jokowi, Demokrat: Pemimpin Pikir Rakyat Dilihat dari Rekam Jejak Bukan Fisik Herzaky Mahendra Putra. ©2022 Merdeka.com/Alma Fikhasari

Merdeka.com - Partai Demokrat menyindir pernyataan Presiden Joko Widodo soal pemimpin yang memikirkan rakyat memiliki rambut warna putih. Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, pemimpin harusnya dilihat dari rekam jejak.

"Pemimpin yang memikirkan rakyat itu dilihat dari jejak rekamnya. Gagasannya, idenya, karyanya, untuk bangsa dan negara. Punya visi besar untuk negara ini," ujar Herzaky, Minggu (27/11).

Kata Herzaky, pemimpin harus berani menyuarakan harapan dan aspirasi rakyat di ruang publik. Serta berupaya membantu masyarakat yang kesulitan.

"Berani menyuarakan harapan dan aspirasi rakyat di ruang publik. Berani memperjuangkan nasib rakyat kecil. Berupaya membantu rakyat yang sedang kesulitan. Mau duduk bareng dengan rakyat dan mendengarkan keluhannya," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Pemimpin, menurut Herzaky, bukan dilihat dari penampilan saja atau menjadi artis di media sosial. Bukan juga yang suka melakukan pencitraan.

"Bukan dari penampilan fisik ataupun jadi artis di medsos. Pencitraan joget sana sini seakan-akan dekat dengan rakyat. Tapi, saat rakyatnya ditindas, diintimidasi, ditekan, malah diam seribu bahasa," ujarnya.

"Bukan sibuk rekaman bagi bantuan ataupun foto-foto sendiri di lokasi bencana, tapi tak pernah mau dialog ataupun dengarkan keluhan rakyat yang sedang susah atau tertimpa bencana," pungkas Herzaky.

3 dari 3 halaman

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat. Menurutnya, ciri pemimpin tersebut terlihat dari dari penampilan dan wajahnya.

"Perlu saya sampaikan pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya. Itu kelihatan dari penampilannya itu kelihatan," kata Jokowi di acara Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (26/11).

Jokowi berkata, pemimpin yang memikirkan rakyat banyak kerutan di wajahnya. Selain itu, rambut pemimpin tersebut berwarna putih.

"Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat, ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada," kata Jokowi.

Jokowi bilang hati hati dengan calon pemimpin yang mukanya mulus. Dia kembali berkata, pilih pemimpin yang rambutnya putih.

"Saya ulang jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya, kalau wajahnya clink bersih, tidak ada kerutan di wajahnya hati hati, lihat juga lihat rambut rambutnya, kalau rambutnya putih semua ini mikir rakyat ini," kata Jokowi.

[tin]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini