Simulasi Pilpres 2024 Voxpol Center: Prabowo Selalu Menang Saat Menjadi Capres

Sabtu, 3 Juli 2021 16:18 Reporter : Ahda Bayhaqi
Simulasi Pilpres 2024 Voxpol Center: Prabowo Selalu Menang Saat Menjadi Capres Menhan Prabowo bertemu Dirjen WHO. ©Istimewa

Merdeka.com - Voxpol Center melakukan survei simulasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2024. Ada enam simulasi yang menghadirkan tiga pasangan calon.

"Simulasi tiga pasang capres-cawapres 2024, ini kita buat simulasi yang saya bilang tadi, kita berkeinginan tidak bipolar tapi multipolar, jadi ada 3 paslon presiden dan itu misi agenda kita," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago, saat rilis survei secara daring, Sabtu (3/7).

Simulasi pertama, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dipasangkan dengan Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Pasangan ini unggul dengan suara 26,5 persen mengalahkan pasangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan suara 24,2 persen dan pasangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 21,8 persen dan Menparekraf sekaligus politikus Gerindra Sandiaga Uno dengan suara 21,8 persen.

Simulasi kedua, Gubernur Jawa Tengah dan politikus PDIP Ganjar Pranowo dipasangkan dengan Menteri BUMN Erick Thohir unggul di angka 32,6 persen. Pasangan Ganjar-Erick mengalahkan pasangan Puan Anies yang memiliki suara 24,8 persen, dan pasangan AHY dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang memiliki suara 10,8 persen.

Simulasi ketiga, AHY sebagai calon presiden unggul dari Puan dan Airlangga. AHY dipasangkan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan suara 22,9 persen. Sementara Puan dipasangkan dengan Anies dengan suara 21,2 persen. Kemudian Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dipasangkan dengan Menparekraf Sandiaga dengan angka 20,8 persen.

Simulasi keempat, Prabowo dipasangkan dengan Sandiaga seperti pada Pilpres 2019. Prabowo lagi-lagi unggul dari pasangan lain dengan angka 34 persen. Lawannya adalah Anies-AHY dengan angka 23,7 persen dan Ganjar-Airlangga 19 persen.

Simulasi kelima, Ganjar dipasangkan dengan Anies berhasil mendapatkan suara tertinggi yaitu 41,4 persen. Tidak hanya dalam simulasi melawan dua pasangan AHY-Sandi 24,4 persen dan RK-Airlangga 11,3 persen. Tetapi juga angka tertinggi dibanding simulasi lain.

Simulasi terakhir, Prabowo dipasangkan dengan Anies unggul di angka 38,8 persen. Mengalahkan Ganjar-RK di angka 29,8 persen dan pasangan AHY dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 6,1 persen.

Voxpol Center melakukan survei wawancara telepon pada 22 Juni-1 Juli 2021. Jumlah responden yang diambil sebanyak 1.200 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode stratified random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini