Setuju Jokowi, PPP Sebut Ciri Pemimpin Pikirkan Rakyat Rambutnya Putih

Minggu, 27 November 2022 16:12 Reporter : Ahda Bayhaqi
Setuju Jokowi, PPP Sebut Ciri Pemimpin Pikirkan Rakyat Rambutnya Putih Jokowi dan Ganjar Pranowo Joging Bareng. ©jatengprov.go.id

Merdeka.com - PPP enggan mengkaitkan Ganjar Pranowo dengan sosok berambut putih yang dibilang Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin yang memikirkan rakyat. Menurut Ketua DPP PPP Achmad Baidowi, hak semua orang bila mengkaitkan pemimpin berambut putih tersebut dengan Ganjar.

"Kalau kemudian ada yang mengasosiasikan itu dengan Ganjar ya itu hak seseorang untuk mengasosiasikan," ujar politikus yang akrab disapa Awiek kepada wartawan, Minggu (27/11).

Namun, PPP setuju, semua pemimpin yang memikirkan rakyat memang rambutnya mulai memutih. Karena akibat sering kali memikirkan bangsa dan negara.

"Memang faktanya para pemimpin yang banyak memikir itu rambutnya makin memutih karena seiring bertambahnya usia, bertambahnya beban, bertambahnya pikiran," ujar Awiek.

2 dari 4 halaman

Terkait capres pilihan Jokowi itu, PPP tegas punya mekanisme sendiri untuk menentukan sikap. PPP masih menginventarisir nama-nama dan pendapat dari para pengurus wilayah.

"Nanti pada saatnya akan digelar forum resmi untuk pengambilan keputusan," ujar Awiek.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat. Menurutnya, ciri pemimpin tersebut terlihat dari dari penampilan dan wajahnya.

"Perlu saya sampaikan pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya. Itu kelihatan dari penampilannya itu kelihatan," kata Jokowi di acara Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (26/11).

3 dari 4 halaman

Jokowi berkata, pemimpin yang memikirkan rakyat banyak kerutan di wajahnya. Selain itu, rambut pemimpin tersebut berwarna putih.

"Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat, ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada," kata Jokowi.

Jokowi bilang hati hati dengan calon pemimpin yang mukanya mulus. Dia kembali berkata, pilih pemimpin yang rambutnya putih.

"Saya ulang jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya, kalau wajahnya clink bersih, tidak ada kerutan di wajahnya hati hati, lihat juga lihat rambut rambutnya, kalau rambutnya putih semua ini mikir rakyat ini," kata Jokowi.

4 dari 4 halaman

Respons Ganjar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunggah foto dengan gaya rambut warna hitam di Instagram pribadinya @ganjar_pranowo pada Minggu (27/11). Aksi ini menyusul kode Presiden Joko Widodo soal pemimpin memikirkan rakyat memiliki rambut warna putih.

Kode Jokowi soal pemimpin berambut putih itu banyak dikaitkan dengan dukungan kepada Ganjar sebagai calon presiden 2024. Diketahui, politikus PDI Perjuangan itu memiliki rambut putih.

Dalam unggahan tersebut, Ganjar hanya memberikan sebuah narasi singkat. Tak ada menyinggung kode Jokowi.

"Cukur. Kamu punya tips merawat wajah & rambut?" kata Ganjar dalam unggahan tersebut.

Baca juga:
Analisis Indo Barometer: Ganjar dan Puan Maju, Pemenangnya Prabowo atau Anies
Hadiri Rapimwil PPP, Ganjar Disambut Teriakan 'Presiden Rambut Putih'
Sekjen PDIP Sebut Citra Jokowi Turun karena Hadiri Acara Relawan di GBK
Kode Terang Jokowi untuk Parpol Demi Ganjar

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini