Seskab: Siapapun menteri yang tidak dalam koalisi harus berhenti

Selasa, 14 Agustus 2018 16:10 Reporter : Supriatin
Seskab: Siapapun menteri yang tidak dalam koalisi harus berhenti Pramono Anung. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mencopot kader Partai Amanat Nasional (PAN) Asman Abnur sebagai Menpan RB. Alasannya, karena PAN tidak berkoalisi dengan Jokowi di Pilpres 2019.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, sudah selayaknya Asman didepak dari Kabinet Kerja setelah PAN menyatakan mendukung bakal calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pemilu mendatang.

"Memang seyogyanya setelah koalisi tergambarkan dengan jelas, siapa pun menteri yang tidak ada dalam koalisi artinya mendukung pemerintahan berhenti," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/8).

Mantan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ini menjelaskan, pada Senin (13/8) kemarin, Jokowi bersama dirinya dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno bertemu. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara memerintahkan untuk memanggil Asman Abnur.

"Diminta untuk segera memanggil Pak Asman. Karena bagaimana pun tidak elok kalau kemudian beliau (Asman Abnur) ada di pemerintahan. Dan Pak Asman dengan berbesar hati beliau akan memenuhi itu," tutur dia.

Selama menjabat sebagai Menpan RB sejak 27 Juli 2016 lalu, kata Pramono, Asman telah bekerja dengan baik. Asman juga dinilai mampu berkomunikasi baik dengan menteri lain, termasuk Pramono. Meski prestasi Asman tersebut sangat baik, pilihan politik PAN di Pilpres 2019 tidak mengubah keputusan Jokowi.

"Tapi ini kan pilihan politik yang tak bisa terhindarkan," ujar dia.

Asman sendiri, lanjut Pramono, legowo dengan keputusan Jokowi untuk mencopotnya. Asman sudah bertemu dengan Pratikno dan menyampaikan siap menerima keputusan pemerintah.

"Intinya beliau legowo karena sudah tahu ini," kata Pramono.

Mengenai kapan Jokowi merombak Kabinet Kerja, Pramono belum bisa memastikan. Demikian juga dengan figur yang layak mengisi kekosongan jabatan Menpan RB setelah ditinggalkan Asman Abnur.

"Presiden yang tahu," pungkasnya.

Senada dengan Pramono, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) mengatakan secara etika memang Asman harus keluar dari Kabinet Kerja. Setelah PAN menyatakan tidak mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

"PAN sudah menyatakan mendukung capres cawapres berbeda dengan yang ada di pemerintahan sampai 2019. Kalau melihat seperti itu, memang dimungkinkan yang tidak mendukung pemerintahan sekarang dan capres cawapres yang juga notabene Presiden sampai 2019 ya mengundurkan diri atau keluar dari koalisi yang ada sekarang," kata Puan. [did]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini