Sesepuh budayawan Reog Ponorogo doakan Khofifah jadi Gubernur Jatim

Senin, 12 Maret 2018 03:10 Reporter : Wisnoe Moerti
Khofifah. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa mengunjungi desa Somoroto, Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (11/3). Kedatangan Khofifah dan rombongan disambut dua singa Barongan, kuda kumping lengkap dengan tarian khas Reog Bantarangin, desa Somoroto, Ponorogo.

Di hadapan warga dan sesepuh budayawan Reog, Khofifah memaparkan gagasan Nawa Bhakti Satya. Salah satunya janji memperhatikan wisata, budaya dan kesenian Ponorogo jika dipercaya menjadi gubernur Jatim.

"Wisata alam ada, kuliner ada, religius ada, budaya ada. Bagaimana itu dijadikan satu kesatuan paket wisata, misalnya wonderful Ponorogo. Amazing Ponorogo. Ini menurut saya sudah harus jadi cagar budaya, dari sisi historis kelahiran bagaimana Reog sudah menjadi sebuah produk budaya mendunia. Bukan hanya Ponorogo, Indonesia tapi juga mendunia," jelas Khofifah seperti dikutip dari siaran pers yang diterima merdeka.com.

Khofifah berjanji memprioritaskan 51 titik wisata di Jawa Timur. Termasuk membangun infrastruktur demi kemudahan masyarakat untuk akses menuju poin wisata tersebut.

"Melestarikannya menjadi penting, memperhatikan senimannya. Menjadi penting antara produk seni dan seniman. Antara produk budaya dan budayawan harus menjadi satuan yang keterkaitan," tuturnya.

Mantan Menteri Sosial ini menyebut pengembangan budaya tercantum dalam Nawa Bhakti Satya ke-9, Jatim Harmoni. Poin tersebut menegaskan perlunya memperhatikan budaya lokal dengan membangun akses dan memberdayakan masyarakat lokal.

Sesepuh budayawan Reog Ponorogo memberi dukungan kepada Khofifah-Emil Elistianto Dardak di Pilgub 2018. Tokoh Budaya Reog Ponorogo Bantarangin, Ahmad Tobroni Torjo menitipkan kelestarian kesenian dan budaya pada Khofifah.

"Kami dari Batarangin titip Reog Ponrorogo selalu menjadi acuan nilai luhur yang kita apliasikan. Dari keluarga Bantarangin kami ucapkan terima kasih sudah Rawuh ke sini," ucap Tobroni saat sambutan.

Sesepuh desa Somoroto itu meminta Khofifah kelak memperhatikan nasib budaya reog. Tobroni meminta Khofifah menginisasikan Ponorogo jadi kota wisata.

"Saya ini bu sudah tua. Saya kepingin saya terus berdoa mudah-mudahan ibu Khofifah berhasil. Lalu nanti yang dulu dicanangkan Bupati saya Soebarkah Potra Hadiwirjo mudah-mudahan punya daerah wisata. Hanya itu harpan saya. Semuanya berdoa mudah-mudahan bu Khofifah mendapat kemurahan Tuhan," ucapnya.

Tobroni menuturkan sejak lama menjadi jemaah Nahdlatul Ulama. Dia yakin kali ini Khofifah sukses jadi Gubernur Jawa Timur.

"Mudah-mudahan. Saya itu sudah tua dari tahun 1955 saya sudah ikut pilih partai Nahdlatul Ulama bu. Untuk kali ini, kalau seluruhnya kompak dan tidak dizalimi lagi, Bu Khofifah Insyaallah jadi," tuturnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini