Serukan ayo mondok, Ma'ruf Amin minta keluarga tak kirim anak bodoh ke ponpes

Rabu, 24 Oktober 2018 10:44 Reporter : Arie Sunaryo
Serukan ayo mondok, Ma'ruf Amin minta keluarga tak kirim anak bodoh ke ponpes Maruf Amin di Solo. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) AL Muayyad, Solo, Rabu (24/10). Ponpes yang ada di Jalan KH Samanhudi 64, Purwosari, Laweyan tersebut juga kerap dikunjungi Presiden Joko Widodo maupun para Menteri Kabinet Kerja lainnya.

Di Ponpes tersebut, Ma'ruf memberikan wejangan kepada ratusan santri dan santriwati serta sejumlah pengajar dan kiai. Dia mengatakan betapa pentingnya peran santri dan ulama dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Tugas ulama adalah menyiapkan pengganti para penerusnya, orang yang paham agama. Meneruskan tugas para nabi," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf juga sangat menghargai para pendiri pesantren yang telah melahirkan para kiai. Sehingga ke depan mereka akan membimbing para generasi penerus.

"Maka dari itu, pesantren harus selalu dihidupkan. Serukan 'ayo mondok'. Kalau punya anak 3 atau 5, paling tidak 1 dikirim ke ponpes. Tapi yang pintar, yang pandai, jangan yang bodoh. Kalau nanti jadi kiai ya kiai yang pintar, jangan kiai yang bodoh. Karena nanti tugas kiai harus membimbing umat. Jadi santri harus yang cerdas," tandasnya.

Lebih lanjut Ma'ruf menyampaikan, ke depan santri harus dilengkapi berbagai macam ilmu. Karena yang dihadapi orang dengan berbagai macam karakter. Kata dia, santri harus bisa membaca kitab kuning, membaca huruf yang termaktuf dalam kehidupan masyarakat yakni ilmu sosial, budaya, politik, ekonomi dan lainnya.

"Ilmu itu sangat penting digunakan, untuk memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi dan problem di masyarakat," katanya.

Menurut Ma'ruf, tugas kiai bukan hanya itu, namun juga bertanggungjawab terhadap keumatan, kebangsaan dan kenegaraan. Menurutnya semua itu tidak mungkin dilakukan sendiri, harus ada kerjasama.

Sebelum kunjungan ke Al Muayyad, Ma'ruf juga berziarah ke makam para pendiri Ponpes AL Muayyad. Usai dari AL Muayyad, cawapres nomor 01 itu juga akan menghadiri silaturahmi dengan umat Nahdliyin Solo Raya di Hotel Alila. Kunjungan dilanjutkan ke Ponpes Popongan, Klaten dan menghadiri pengajian di Sunan Gribig Jatinom Klaten. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini