Sepakat PDIP dapat kursi, pimpinan DPR sebut pengambilan keputusan tak sulit

Jumat, 19 Januari 2018 11:51 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Sepakat PDIP dapat kursi, pimpinan DPR sebut pengambilan keputusan tak sulit Bambang Soesatyo . merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, mayoritas fraksi telah sepakat sepakat penambahan 1 kursi pimpinan DPR untuk PDIP dalam revisi Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3).

Jika PDIP mendapatkan jatah pimpinan, maka jumlah pimpinan DPR menjadi 6. Penambahan juga hampir dipastikan terjadi di MPR. Namun, menurut Bamsoet, masih terjadi perdebatan untuk menambah dua atau tiga kursi pimpinan.

"Kalau DPR hampir sepakat penambahan 1 untuk PDIP. Kemudian untuk MPR masih diskusi pembahasan apa 2 atau 3," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (19/1).

Bamsoet menuturkan, dirinya akan mengundang fraksi-fraksi partai untuk makan siang hari ini. Pertemuan itu akan mencari kesepakatan atas perdebatan penambahan kursi pimpinan dewan.

"Jadi emang hari ini sambil makan siang selesai jumatan kita akan ngobrol santai untuk menjajaki berbagai kemungkinan," ujarnya.

Di lokasi sama, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto berpandangan pengambilan keputusan dengan dengan komposisi 6 pimpinan DPR tak akan menjadi persoalan. Sebab, dalam mengambil keputusan, pimpinan DPR menggunakan prinsip kolektif kolegial.

"Enggak ada masalah, karena pimpinan yang mengambil keputusan kalo di DPR itu kolektif kolegial. Yaitu yang mengambil keputusan paling tinggi adalah rapat paripurna. Bukan di pimpinannya. Tapi di rapat paripurnanya," jelasnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini