Sensus CSIS tunjukkan Megawati masih diinginkan jadi ketum PDIP

Rabu, 1 April 2015 13:52 Reporter : Faiq Hidayat
Sensus CSIS tunjukkan Megawati masih diinginkan jadi ketum PDIP HUT PDIP. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Center for Strategic and International Studies (CSIS) melakukan sensus terhadap DPC PDI Perjuangan di 34 provinsi untuk melihat siapa yang bakal dipilih kembali menjadi ketua umum. Beberapa nama yang pantas menjadi ketua umum partai berlambang banteng tersebut yakni Megawati Soekarnoputri, Joko Widodo, Puan Maharani, dan Ganjar Pranowo.

"Hasil sensus nama Megawati Soekarnoputri masih bakal memimpin PDI Perjuangan hingga 2019 dengan dipilih 320 DPC atau sekitar 68,5 persen," kata peneliti CSIS, Arya Fernandes saat publikasi hasil sensus 'PDI Perjuangan: Masalah Pelembagaan dan Kepemimpinan Partai di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (1/4).

Arya Fernandes mengatakan ada tiga hal yang menjadi penilaian para kader partai berlambang Banteng moncong putih tetap memilih Megawati sebagai pemimpin umum.

Pertama, kata Arya, puteri sang proklamator itu dinilai para ketua DPC PDI Perjuangan di seluruh Indonesia masih punya kecakapan untuk memimpin partai dibanding elite partai lainnya. "Bu Megawati dinilai para kader di daerah masih mumpuni secara kepemimpinan," kata Arya.

Dalam sensus itu, kata Arya, Megawati masih dipercaya para kader dalam mengelola organisasi di struktur partai. Selain itu, para kader PDI Perjuangan juga menganggap Megawati sebagai tokoh di elite partai yang memiliki etika yang bersih.

"Megawati paling handal dalam manajemen organisasi. Megawati juga masih dianggap figur pusat yang paling berintegritas," tutupnya. [ren]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini