KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Semua bacaleg DPRD DKI tak penuhi syarat administrasi

Rabu, 8 Mei 2013 12:50 Reporter : Eko Prasetya
Ilustrasi bacaleg tak lolos. PAN serahkan daftar caleg. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Dahlia Umar mengatakan kalau berkas pencalonan anggota DPRD dari 12 partai politik (parpol) tidak ada yang lengkap. Artinya, tidak ada satu partai pun yang sempurna dalam penyerahan berkas daftar calon sementara (DCS) untuk memperebutkan 106 kursi di DPRD DKI Jakarta.

"Total Bacalegnya 1.267. Namun setiap partai hampir di semua dapil tidak memenuhi syarat. Namun yang hampir sempurna ada dua yaitu PKB dan PKS. Jadi yang tidak sempurna kita kembalikan untuk disempurnakan," ujar Dahlia di Hotel The Acacia, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (8/7).

Dahlia menambahkan persyaratan yang tidak dipenuhi antara lain tanpa ijazah, ada ijazahnya tetapi dilegalisir, dan berkas kesehatan kurang lengkap. "Tetapi untuk perempuan semua memenuhi syarat di atas 30 persen," katanya.

Bagi partai yang ingin memperbaiki akan diberikan waktu dari tanggal 9-22 Mei. Namun, KPU DKI tidak menerima perbaikan yang datang perorangan. "Kita hanya terima dari partai bukan perorangan," tuturnya.

Selanjutnya, pada tanggal 23-29 Mei, akan dilakukan verifikasi hasil perbaikan. Lalu pada tanggal 30 Mei-12 Juni baru susunan DCS jadi.

"Kita akan undang parpol untuk melihat konsep DCS sebelum diumumkan ke publik. Pengumuman akan dilakukan di surat kabar dan website KPU DKI. Di website, masyarakat dapat melihat profil setiap bacaleg yang ada," katanya. [mtf]

Topik berita Terkait:
  1. Pemilu 2014

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.