KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Semua bacaleg Bantul tidak lolos

Selasa, 7 Mei 2013 14:30 Reporter : Mohamad Taufik
surat suara pemilu. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan semua berkas pendaftaran bakal calon anggota legislatif untuk pemilihan umum 2014 di daerah setempat tidak lolos verifikasi.

"Dari sebanyak 455 berkas pendaftaran bakal caleg yang kami verifikasi tidak ada satupun berkas yang lolos, karena secara keseluruhan belum memenuhi persyaratan," kata Anggota KPU Bantul, Nur Huri Mustofa kepada Antara, di Bantul, Selasa (7/5).

Menurut dia, beberapa persyaratan dan dokumen yang tidak terpenuhi oleh semua bakal caleg bervariasi di antaranya lampiran ijazah pendidikan yang dilegalisir jumlahnya kurang, foto, surat keterangan sehat hingga kesalahan penulisan.

"Kekurangan dokumen antara satu bakal caleg dengan yang lain bervariasi, seperti berkas sudah lengkap namun kurang satu item yakni kurang foto, bahkan ada yang semua lampiran belum ada," katanya.

Meski demikian, kata dia sebagian besar bakal caleg sudah melengkapi daftar isian formulir yang dikeluarkan KPU, hanya saja lampiran-lampiran yang wajib dipenuhi yang belum dilengkapi.

Menurut dia, karena semua berkas bakal caleg tidak memenuhi syarat, maka KPU mengembalikan semua berkas kepada penghubung atau pengurus partai politik (parpol) peserta Pemilu di Bantul yang berjumlah 12 partai.

"Sesuai tahapan hasil verifikasi berkas kami informasikan pada 7-8 Mei, namun karena semua berkas belum lengkap maka kami kembalikan ke parpol untuk diperbaiki dan dilengkapi," kata Ketua KPU Bantul, Nur Huri Mustofa.

Ia mengatakan, KPU memberi kesempatan semua bakal caleg untuk memperbaiki mulai 9 sampai 22 Mei termasuk mengganti calon hingga menambah calon juga perubahan nomor urut calon di setiap daerah pemilihan (dapil).

"Waktu perbaikan berkas bakal caleg hanya diberikan sekali pada masa perbaikan sampai 22 Mei, kemudian setelah itu kami verifikasi untuk kemudian yang lolos akan ditetapkan sebagai daftar calon tetap (DCT) namun yang tidak lolos akan dicoret," katanya.

KPU Bantul menyiapkan empat tim untuk melayani 12 parpol dalam pengambilan berkas bakal caleg, masing-masing tim melayani tiga parpol, dan hingga siang ini sudah 11 partai yang mengambil semua berkas bakal caleg.

"Sampai siang ini sudah 11 parpol yang mengambil berkas, tim juga memberitahukan hasil verifikasi termasuk kekurangan yang harus dilengkapi. Untuk PBB rencananya akan datang besok (8/5)," kata anggota KPU Bantul, Nur Huri Mustofa. [mtf]

Topik berita Terkait:
  1. Pemilu 2014

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.