Selain soal pelantikan pimpinan baru, rapat gabungan MPR juga bahas masukan PPP

Rabu, 21 Maret 2018 12:47 Reporter : Liputan6.com
Selain soal pelantikan pimpinan baru, rapat gabungan MPR juga bahas masukan PPP Ketua MPR Zulkifli Hasan. ©2018 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Ketua MPR Zulkifli Hasan akan menggelar rapat gabungan bersama pimpinan DPR dan DPD. Zulkifli menyebut rapat tersebut akan mengagendakan pembahasan Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD atau MD3.

"Penambahan pimpinan, iya (pelantikan besok), sekalian dibahas nanti bagaimana keputusannya," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/3).

Tak hanya itu, dia menyebut rapat yang akan digelar pukul 13.00 WIB nanti sekaligus membahas surat masukan dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang masih mempermasalahkan penentuan penambahan kursi pimpinan.

Zulkifli mengaku pihaknya sudah menerima surat dari partai pimpinan Romahurmuziy sejak seminggu yang lalu.

"Iya minta dikaji, suara banyak ke enam (Pilpres 2014). Kita bahas nanti, semua kita selesaikan," jelas Zulkifli.

Untuk informasi, Pasal 427A dalam UU MD3 berbunyi, pada saat undang-undang ini berlaku:

a. Pimpinan MPR dan DPR yang berasal dari fraksi yang sedang menjabat tetap melaksanakan tugasnya sampai berakhirnya periode keanggotaan MPR dan DPR hasil pemilihan umum Tahun 2O14

c. Penambahan wakil ketua MPR sebagaimana dimaksud dalam Pasal 15 diberikan kepada partai yang memperoleh suara terbanyak di DPR dalam pemilihan umum Tahun 2Ol4 urutan ke-1 (satu), urutan ke-3 (tiga), serta urtrtan ke-6 (enam) dan penambahan wakil ketua DPR sebagaimana dimaksud dalam Pasal 84 diberikan kepada partai yang memperoleh suara terbanyak di DPR dalam pemilihan umum Tahun 2OL4 urutan ke-1 (satu).

Sehingga dalam penambahan kursi pimpinan diduduki oleh PDIP sebagai pemegang suara terbanyak, disusul Gerindra dan PAN. Namun, karena PAN sudah mendapat kursi maka posisi itu diberikan pada PKB.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini