Selain PDIP, PAN Juga Bakal Usung Gibran-Teguh di Pilkada Solo

Jumat, 17 Juli 2020 15:39 Reporter : Arie Sunaryo
Selain PDIP, PAN Juga Bakal Usung Gibran-Teguh di Pilkada Solo Ketua DPD PAN Solo, Achmad Sapari. ©2020 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Solo memberikan dukungan penuh kepada pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa (Gibran-Teguh) dalam Pilkada Solo 2020. Tak hanya dukungan, partai yang dipimpin Zulkifli Hasan itu juga akan bergabung dengan PDIP untuk mengusung Gibran-Teguh.

"Kami mengusung, bukan mendukung tapi mengusung Gibran-Teguh dalam Pilkada 2020. Yang penting ke depan kota Solo, aman, nyaman dan tentram, tidak ada masalah apapun. Tujuan kita sama-sama untuk mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera," kata Ketua DPD PAN Solo, Achmad Sapari di Solo, Jumat (17/7).

Menurutnya, pasangan Gibran-Teguh pas untuk memimpin kota Solo. Kombinasi usia muda dan kader senior diharapkan bisa membawa kota Solo lebih maju. Ke depan, PAN juga tak segan untuk memberikan kritikan jika keduanya berbuat melenceng.

"Kita belum bisa menilai, kita buktikan saja nanti," ujarnya.

Sapari membantah jika dukungan tersebut terkesan mendadak. Apalagi PAN dulunya dekat dengan Purnomo, dan awalnya akan mendukung pasangan Purnomo-Teguh.

Menurutnya, semenjak dulu dukungan akan diberikan kepada pasangan yang diusung partai, bukan perorangan.

"Semenjak awal kita berkomunikasi dengan DPC PDIP. Karena pak Purnomo tidak mendapatkan rekomendasi, maka yang kita dukung ya yang mendapat rekomendasi," tandasnya.

Sementara itu, Ketua MPP DPD PAN Kota Solo, Umar Hasyim menambahkan, peta politik di Solo saat ini sudah jelas dengan diberikannya rekomendasi PDIP ke Gibran.

Ia meminta DPD Solo untuk segera berkoordinasi dengan PDIP selaku pengusung utama. Selain itu pihaknya juga minta agar internal DPD segera melakukan rapat pleno yang juga dihadiri DPW PAN Jawa Tengah.

"Nanti hasil penetapan pleno DPD ini dibawa ke DPW Jateng untuk selanjutnya dimintakan untuk mendapatkan SK (surat keputusan). Itu mekanisme yang berlaku di PAN," tutupnya.

Baca Selanjutnya: PDIP Resmi Usung Gibran-Teguh...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini