Selain Golkar dan PKB, NasDem Juga Incar Kursi Ketua MPR

Selasa, 21 Mei 2019 14:58 Reporter : Sania Mashabi
Selain Golkar dan PKB, NasDem Juga Incar Kursi Ketua MPR Gedung DPR. Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Partai politik mulai berebut kursi Ketua MPR periode 2019-2024. Setelah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Golkar, kini giliran Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang sedang menyiapkan kadernya untuk jadi Ketua MPR.

"Saat ini tentu kami juga menyiapkan untuk calon Ketua MPR," kata Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/5).

NasDem mengakui banyak pihak terutama dalam koalisi partai pendukung Jokowi-Ma'ruf yang ingin duduk di posisi tersebut. Itu bisa diselesaikan dengan proses lobi politik.

"Nanti tentu kami akan berbicara dengan Golkar dengan PDIP, dengan PKB dengan Cak Imin secara khusus pastinya dengan PPP gitu untuk membangun kerja sama menentukan siapa nanti yang akan dipaketkan menjadi pimpinan DPR RI termasuk pimpinan MPR RI," ungkapnya.

Dia belum bisa memastikan sosok kader yang paling tepat untuk duduk di kursi Ketua MPR atau di pimpinan DPR. Hal itu baru akan ditentukan setelah Lebaran.

"Pasti ini dibicarakan setalah lebaran. Setelah lebaran ini akan dibicarakan mengenai penempatan itukan di bulan Oktober tanggal 1 kan itu pelantikannya waktunya masih banyak masih panjang kita tentu akan menempatkan personel-personel sesuai dengan penugasannya," ucapnya.

Terkait dengan paket pimpinan MPR, sejauh ini sudah dibicarakan melalui proses lobi non formal.

"Kalau itu mulai dari sekarang sudah mulai dibicarakan lobi-lobi sudah mulai dilakukan. kalau yg berhubungan dengan NasDem kami tentu akan mengisi posisi-posisi dengan figur-figur politik yang konstruktif dan kontributif tentunya," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengakui jatah kursi Ketua DPR untuk Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) sebagai pemenang Pemilu Legislatif 2019. Namun Airlangga berharap, posisi Ketua MPR bisa diisi oleh kader dari partainya.

"Dalam UU MD3 pemenang pemilu akan menjadi Ketua DPR dalam hal ini partai dan wakilnya secara berurutan," kata Airlangga dalam acara buka puasa bersama Partai Golkar dengan Presiden Joko Widodo di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (19/5). [noe]

Topik berita Terkait:
  1. MPR
  2. Partai Nasdem
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini