Sekda Muhammad Menang Konvensi Cawalkot Tangerang Selatan dari PSI

Selasa, 5 Mei 2020 17:18 Reporter : Kirom
Sekda Muhammad Menang Konvensi Cawalkot Tangerang Selatan dari PSI konvensi penjaringan bakal calon kepala daerah 2020 PSI. ©2019 Merdeka.com/Kirom

Merdeka.com - Sekretaris Daerah Kota Tangerang Selatan Muhammad, dipastikan menjadi kandidat bakal calon Wali Kota Tangerang Selatan, yang diusung Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Hal itu dipastikan berdasarkan penetapan pemenang konvensi penjaringan Kepala Daerah Kota Tangerang Selatan yang dilakukan sejak awal September 2019 kemarin.

Ketua Panitia Konvensi PSI, Isyana Bagoes Oka mengatakan, berdasarkan surat pengumuman yang disampaikan Dewan Pimpinan Pusat PSI menetapkan Sekretaris Daerah Tangerang Selatan, Muhammad, sebagai pemenang konvensi.

"Setelah melalui seluruh proses konvensi secara terbuka dan transparan, maka DPP PSI, hari ini mengumumkan bahwa, pemenang Konvensi Penjaringan Kepala Daerah PSI Kota Tangerang Selatan adalah Bro Muhamad," kata Isyana dikonfirmasi Selasa (5/5).

Isyana menjelaskan, konvensi penjaringan Pilkada Tangsel, yang dilakukan secara terbuka dan independen ini diikuti oleh 27 peserta yang mendaftarkan diri mereka sejak (1/9). Dari pendaftaran itu, kemudian dilakukan proses seleksi administrasi, dan berhasil lolos sebanyak 18 peserta yang memenuhi syarat untuk ikut seleksi wawancara.

Isyana menerangkan, proses wawancara untuk 18 peserta yang lolos seleksi administrasi itu dilakukan oleh tim juri panel independen. Diantaranya Faisal Basri, Mari Elka Pangestu, Bibit Samad Riyanto, Natalia Soebagjo, Ernest Prakasa, Hamdi Muluk dan lain-lain. Pelibatan juri independen ini untuk menjamin kualitas hasil konvensi PSI.

"Dari hasil wawancara bersama tim panel tersebut, sebelas orang dinyatakan lolos ke tahapan selanjutnya dan diminta untuk melakukan sosialisasi dan debat kandidat, sebelum survei dilakukan," terang dia.

Isyana menjelaskan, sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh DPP PSI dalam pedoman Konvensi Penjaringan Kepala Daerah, bobot nilai wawancara lebih besar dari bobot nilai survei. Dengan perbandingan 60 persen bobot nilai wawancara dan 40 persen bobot nilai survei.

"Hasil Wawancara dan Survei inilah yang kemudian dijadikan komponen penilaian utama DPP PSI untuk menetapkan Calon Kepala Daerah yang didukung oleh PSI di Kota Tangerang Selatan," jelasnya.

Dengan diumumkannya hasil konvensi PSI ini lanjut Isyana, maka secara keseluruhan proses konvensi untuk Kota Tangerang Selatan dinyatakan selesai.

"Harapan kami, semoga tradisi terbuka dan transparan yang telah dimulai PSI dapat melahirkan pemimpin-pemimpin berkualitas dalam rangka memajukan demokrasi di Indonesia. Selanjutnya PSI akan membangun komunikasi politik dengan partai politik lain, untuk menentukan hal-hal yang terkait dengan pencalonan Muhamad termasuk calon wakil walikota yang akan mendampinginya," pungkas dia.

Ketua DPD PSI Provinsi Banten, Azmi Abubakar, mengucapkan selamat kepada Muhammad, yang telah menang dan ditetapkan menjadi Bacalon Wali Kota Tangsel, yang akan diusung PSI.

"Selamat buat Pak Muhamad. Yang pasti pak Muhamad pemenang konvensi, proses selanjutnya akan diberikan waktu untuk Pak Muhamad, untuk mencari dukungan partai lain, karena PSI belum bisa mengusung sendiri tanpa koalisi. Jadi proses selanjutnya adalah membangun koalisi partai," tegas dia. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini