Sederet penghargaan yang pernah diraih Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno

Senin, 27 Agustus 2018 06:15 Reporter : Syifa Hanifah
Sederet penghargaan yang pernah diraih Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno Deklarasi Sandiaga Uno. ©2016 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Bakal calon wakil presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno merupakan tokoh nasional yang sering kali mendapatkan penghargaan. Penghargaan itu datang baik dari nasional maupun internasional.

Ini membuktikan kedua cawapres ini memiliki kemampuan dan kapabilitas di tingkat internasional. Ini dia penghargaan yang diterima Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno:

1 dari 4 halaman

Pegiat Ekonomi syariah

Jokowi-Maruf Amin. ©2018 Merdeka.com

Pada 2017, Bank Indonesia (BI) pernah memberikan apresiasi atas tata kelola dan kinerja baik para pelaku ekonomi. Apresiasi penghargaan diberikan salah satunya kepada Ketua MUI Ma'ruf Amin. Dalam kategori individu, Kiai Ma'ruf mendapat penghargaan sebagai penggiat ekonomi syariah.

“Penghargaan ini diberikan kepada para pelaku ekonomi dan tokoh bangsa yang memberikan kontribusi dan kinerja terbaiknya untuk mengawal dan memajukan dan perekonomian Indonesia, serta memberikan inspirasi untuk meningkatkan kualitas dan tata kelola perekonomian bangsa," kata Gubernur BI Agus D. W. Martowardojo kala itu.

2 dari 4 halaman

Penghargaan dari KPI

maruf amin. ©muidkijakarta.or.id

KH Ma’ruf Amin juga pernah mendapat penghargaan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sebagai Tokoh Penyiaran tahun 2018. KPI menilai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ini memiliki kepedulian besar terhadap dunia penyiaran di Tanah Air. Seperti yang ditulis kpi.co.id alasan KPI mendaulat Ma’ruf Amin sebagai Tokoh Penyiaran tahun 2018 lantaran memiliki perhatian besar terhadap penangkalan hoax di televisi.

Ma'ruf juga selalu menekankan adanya pemberantasan terhadap radikalisme. Radikalisme dinilai Dia sebagai paham dan gerakan yang bisa merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

3 dari 4 halaman

Sandi dapat pengharaan kewirausahaan

Sandiaga abis lari. ©2017 Merdeka.com

Sandiaga Uno memang dikenal sebagai pengusaha ulung, tak heran dia mendapatkan gelar Distinguished Research Professor in Residence dari George Washington University, Amerika Serikat. Gelar tersebut adalah penghargaan atas konsistensinya terhadap pengembangan kewirausahaan pada tahun 2016.

Penghargaan yang diterima Sandi setelah disertasi dan penelitian doktoral, menjadi pertimbangan bagi pihak Universitas dalam memberikan penghargaan kepada almamater yang terus menerus mengabdikan dirinya di dunia wirausaha. Penghargaan yang diberikan George Washington University kepada Sandiaga Uno dikemas dalam acara Asia Business Leader Symposium.

"Saya juga memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada George Washington University, almamaternya khususnya school of business. Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi saya untuk lebih konsisten memperhatikan bidang kewirausahaan di Indonesia dan Jakarta pada khususnya," kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Kamis, 28 Oktober 2016.

4 dari 4 halaman

Dapat rekor MURI blusukan 1.000 titik

sandiaga bersama warga dki. ©2016 merdeka.com/istimewa

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pernah memberikan penghargaan kepada Sandiaga Uno saat masih menjadi calon gubernur DKI Jakarta. Sandi mendapat rekor MURI lantaran sudah blusukan ke 1.000 titik dalam kurun waktu satu tahun.

"Ternyata dalam satu tahun, beliau mampu mempelopori satu hari tiga titik. Ini belum pernah terjadi di Indonesia dan di dunia," kata Ketua MURI Jaya Suprana, Kamis 19 Januari 2017. [has]

Baca juga:
Survei Alvara: Sandiaga Uno lebih populer dibanding Ma'ruf Amin
Survei Alvara: Sandiaga unggul di pemilih muda, Ma'ruf Amin di kalangan dewasa & tua
Andi Arief harus bertanggung jawab soal isu mahar politik Sandiaga Uno
Bukan nama Gatot, kubu Jokowi bahas Najwa Shihab dan Erick Tohir jadi ketua timses
KIK umumkan juru bicara capres-cawapres hari ini, namanya akan mengejutkan
Beda dengan #2019GantiPresiden, KIK klaim Derap Milenial Jokowi-Ma'ruf bukan kampanye

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini