Sedang di Belgia, Megawati tak hadiri pendaftaran parpol di KPU

Rabu, 11 Oktober 2017 15:52 Reporter : Sania Mashabi
Sedang di Belgia, Megawati tak hadiri pendaftaran parpol di KPU PDIP daftar peserta Pemilu 2019. ©2017 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hari ini melakukan pendaftaran peserta Pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun dalam proses pendaftaran itu tidak tampak kehadiran Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, karena sedang ada kegiatan bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Brussels, Belgia.

"Karena kepemimpinan kami kan bersifat kolektif dan saat ini Ibu Mega sedang ada di Belgia mengikuti agenda kita bersama Pak JK," kata Sekretaris Jendral (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto di kantor KPU, Jakarta, Rabu (11/10).

Hasto mengatakan dia dan juga jajaran pengurus PDIP mendapat mandat untuk memenuhi persyaratan dan melakukan pendaftaran keikutsertaan pemilu. Pendaftaran ini juga dilakukan secara serentak dengan waktu yang sama di seluruh DPD PDIP seluruh Indonesia.

"Karena itulah hari ini seluruh DPP PDIP mendapat tugas dari Ibu Megawati Soekarnoputri agar kami menggunakan seluruh kepercayaan yang diberikan rakyat dengan mengikuti tahapan-tahapan penyelenggaraan pemilu tersebut. Perlu kami sampaikan bahwa seluruh persyaratan yang diperlukan KPU sebagaimana termuat dalam Sipol kami penuhi dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Hasto menambahkan, pendaftaran PDIP dilakukan secara serentak di seluruh KPU di wilayah Indonesia oleh pengurus tingkat DPC.

Konvoi kesenian tradisional dan lantunan salawat dengan irama tanjidor mengiringi pendaftaran PDI Perjuangan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Iring-iringan panjang berbaris dua yang start dari Taman Suropati itu berjalan kaki menuju KPU.

Rombongan DPP PDI Perjuangan yang turut dalam konvoi itu dipimpin langsung Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Adapun jajaran DPP yang turut dalam konvoi di antaranya Bendahara Umum Olly Dondokambey, Ketua DPP Andreas H Pareira, Syukur Nababan, Hendrawan Supratikno, Juliari Batubara, Mindo Sianipar, dan Wasekjen Ahmad Basarah.

Hadir juga Bendahara DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Waras Wasisto yang menyiapkan sejumlah kesenian dari Jabar. Hasto mengungkapkan, konvoi seni dan budaya ini menjadi cermin dan watak budaya PDI Perjuangan dalam berpolitik.

"Dalam rangkaian pendaftaran ini kami tampilkan seluruh ekspresi kebudayaan agar politik bertitik tolak dari keindahan nusantara kita, dari kekayaan budaya yang kita miliki, bukan meng-copy dari budaya-budaya barat," ujar Hasto di lokasi, Rabu (11/10). [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini