Sandiaga Uno Tegaskan Dukungan Muchdi PR ke Jokowi Tak Ganggu Soliditas Koalisi

Rabu, 13 Februari 2019 14:00 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Sandiaga Uno Tegaskan Dukungan Muchdi PR ke Jokowi Tak Ganggu Soliditas Koalisi Sandiaga Uno. ©2018 Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno tak masalah Mayor Jenderal (Purn) TNI Muchdi PR mendukung paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf. Sandiaga menekankan bahwa parpol koalisinya tetap kompak kendati sikap politik Muchdi PR itu berbeda dengan keputusan partainya Berkarya.

"Kebebasan berdemokrasi masing-masing pengurus silakan tapi yang kita lihat bahwa luar biasa soliditas antara Berkarya, Gerindra, PKS, Demokrat dan PAN. Ini yang menurut saya salah satu karunia juga mereka bersinergi juga dengan para relawan," kata Sandiaga di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (13/2).

Dia menegaskan, dukungan Muchdi PR kepada Jokowi-Ma'ruf tidak akan berpengaruh bagi mesin partai. Pihaknya tetap kompak mewujudkan visi-misi dan cita-cita Adil Makmur.

"Tidak akan berpengaruh kepada satu gagasan Indonesia Menang, satu visi Indonesia Adil Makmur, pilar swasembada pangan swasembada energi, swasembada air, fokus kita untuk menyediakan lapangan pekerjaaan menggerakkan ekonomi dan memastikan harga harga stabil tidak akan berpengaruh," kata dia.

Sandiaga mengatakan, tidak bisa memaksa semua orang mendukungnya bersama Prabowo Subianto. Menurutnya, banyak parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf yang mendukung Prabowo-Sandiaga secara diam-diam. Namun dia tak ingin mengumbar parpol koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf tersebut.

"Memang tidak bisa 100 persen, seperti yang kita lihat juga banyak juga partai pendukung dari Presiden Jokowi dan KH Ma'ruf yang bergabung sama kita, ada juga dan saya tidak ingin membesar besarkan," tuturnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu tak ingin dukungan yang berbeda di besar besarkan. "Karena menurut saya ini akan memecah belah, narasi kita adalah narasi yang mempersatukan, kita ingin fokus daripada Pilpres ini mempersatukan tidak saling sikut menyikut," terang Sandi.

Sebelumnya, Jokowi menerima dukungan dari para purnawirawan TNI/Polri, salah satunya dari Mayor Jenderal (Purn) TNI Muchdi PR. Muchdi merupakan Anggota Majelis Tinggi dan Wakil Ketua Umum DPP Partai Berkarya.

Dalam sebuah video yang diterima, Muchdi yang menggunakan baju kemeja putih bertuliskan Jokowi-Amin Indonesia Maju itu, menyatakan alasan dukungannya ke Jokowi. Sikap tersebut bertentangan dengan sikap partai yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

"Yang pertama karena saya melihat Pak Jokowi ini sudah berbuat banyak. Itu jelas pembangunan yang dirasakan oleh masyarakat dan rakyat Indonesia sudah jelas kan. Mulai jalan tol, masalah pelabuhan, masalah airport, masalah industri dan lain-lain," katanya, Minggu (11/2). [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini