Sandiaga Uno tancap gas, mulai keliling daerah

Senin, 3 September 2018 06:16 Reporter : Syifa Hanifah
Sandiaga Uno tancap gas, mulai keliling daerah Deklarasi Prabowo-Sandiaga Uno. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho

Merdeka.com - Masa kampanye Pilpres 2019 memang belum dimulai, tapi Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno langsung 'tancap gas' turun ke lapangan untuk bertemu warga. Bukan untuk kampanye, tetapi sekadar menyapa warga di berbagai daerah.

Dari kota ke kota di kunjungi, tujuannya hanya satu untuk mendengarkan aspirasi seluruh masyarakat Indonesia. Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Sandiaga dicurhati pembeli cuma mampu beli lele buat anak

Sandiaga di Beringharjo. ©2018 Merdeka.com

Sandiaga Uno mengunjungi Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Kamis (30/8), dia masuk dari pintu timur Pasar Beringharjo, Sandiaga menyempatkan diri untuk berkeliling di blok G1, Pasar Beringharjo. Saat berkeliling pasar, Sandiaga sempat berbincang dengan sejumlah pedagang. Sandiaga pun menangkap berbagai keluhan dan aspirasi dari pedagang.

Perwakilan pedangan sekaligus Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APSSI) Kota Yogyakarta, Syahirman mengatakan, saat ini pembeli mengalami penurunan. Dia mencontohkan masyarakat hanya mampu beli lele untuk anaknya saja. "Kami terima masukannya. Insya Allah nanti kita harapkan usaha mereka maju. Pembeli katanya berkurang banyak saingan. Kita berharap kalau ekonomi kita maju tahun depan, pasar tambah maju lagi. Harga cenderung tinggi menjadi tantangan pedagang," kata Sandiaga.

2 dari 4 halaman

Sandiaga ingin pasar tradisional lebih kekinian

Sandiaga di Makassar. ©2018 Merdeka.com/Salviah Ika Padmasari

Sandiaga menekankan, pasar tradisional saat ini masih membutuhkan perhatian lebih besar dari pemerintah dan dunia usaha. Menurutnya aspek krusial adalah perlu ditingkatkan harkat dan martabat pedagangnya. Hal ini diungkapkan Sandi saat berkunjung ke Pasar Terong, Makasar.

Pasar tradisional menjadi perhatiannya, kata Sandi, karena 70 persen distribusi bahan pokok makanan masih melalui pasar tradisional. Juga 70 persen masyarakat memperoleh kebutuhan pokoknya di pasar tradisional.

"Pasar tradisional harus direvitalisasi, akses usahanya dikelola, lahan usahanya ditata dengan baik, kebersihan dan tempat interaksi pedagang harus lebih kekinian," ujar Sandi.

3 dari 4 halaman

Bertemu pengusaha di Bandung

sandiaga uno di bandung. ©2018 Merdeka.com/aksara bebey

Sandiaga bertandang ke Kota Bandung, Selasa (28/8), tujuan kunjungannya ke daerah Jawa Barat dalam rangka berdiskusi dengan para tokoh dan elemen masyarakat terkait ekonomi Indonesia. Selain itu, ia meminta izin kepada warga Jabar terkait keikutsertaannya di Pemilihan Presiden 2019.

Sandi mengunjungi Kantor organisasi masyarakat Angkatan Muda Siliwangi (AMS). Setelah itu makan siang di Pavilon Sunda bersama Kahmipreneur & HIPMI, lalu bertemu dengan caleg partai koalisi.

4 dari 4 halaman

Sandi tinjau korban gempa di Lombok

Sandiaga Uno. ©2018 Merdeka.com/Liputan6.com

Usai mendaftarkan diri sebagai cawapres, Sandi langsung bertolak ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu meninjau korban gempa sekaligus memberikan bantuan.

"Saya turut berdukacita dengan musibah yang terjadi di Lombok. Semoga setelah ini Lombok bangkit, dan maju," kata Sandiaga Uno di Mataram, Rabu (15/8). [has]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini