Sandiaga Jawab Isu Diendorse Jokowi Maju Pilpres: Saya Pembantu Presiden

Jumat, 9 September 2022 11:19 Reporter : Ahda Bayhaqi
Sandiaga Jawab Isu Diendorse Jokowi Maju Pilpres: Saya Pembantu Presiden Sandiaga Uno. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno tidak bantah atau menjawab soal isu mendapatkan endorse Presiden Joko Widodo sebagai calon presiden di 2024. Sandiaga bilang, dirinya hanya diminta menjadi pembantu presiden untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif selaku Menparekraf.

"Jadi, saya luruskan ya. Bahwa semua tugas kita di pemerintah ini, saya sebagai pembantu presiden. Jadi jelas apa yang diberikan tugas sesuai dengan tupoksi yaitu kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dan berada di tengah-tengah masyarakat termasuk juga mendorong desa wisata," ujar Sandiaga di DPR, Kamis (8/9).

Adapun Sandiaga mengungkap arahan langsung presiden Jokowi. Namun, Sandiaga membantah hal tersebut berkaitan dengan politik 2024.

"Untuk menggiatkan fungsi dan tugas kita itu, selalu beliau memberikan arahan untuk fokus pada tugas kita. Tugas di kementerian dan memberikan laporan rutin mengenai capaian-capaian termasuk tadi ekonomi kreatif kita nomor 3 terbesar di dunia sekarang, hanya kalah dari AS, Korea," kata dia.

Lebih lanjut, mantan cawapres 2019 ini bilang akan terus melaporkan hasil kerjanya ke Jokowi. Sebab, dia diminta untuk melakukan percepatan ekonomi.

"Jadi langkah-langkah yang terus kita lakukan ini kami terus laporkan kepada bapak presiden, dan beliau mendorong untuk percepatan khususnya dari segi pemulihan dengan program-program yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat," kata Sandiaga.

2 dari 3 halaman

Patuh pada Prabowo

Meski demikian, Sandiaga mengaku patuh terhadap keputusan partai yang mencalonkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Sebab, dia menegaskan masih menjadi kader partai berlambang garuda.

"Jadi saya masih kader Gerindra dan patuh kepada keputusan partai," ujar Sandiaga.

Sandiaga menuturkan, sebagai kader Gerindra dirinya akan terus mematuhi arahan Prabowo Subianto. Termasuk juga soal Pilpres 2023.

"Apapun itu saya sampaikan, dan seandainya ada arahan dari Pak Prabowo tentunya akan kita maknai sebagai sebuah arahan yang harus kita patuhi," katanya.

Sandiaga pun menyinggung menjadi kader Gerindra karena diajak langsung oleh Prabowo. Segala tugas yang diberikan kepada dirinya oleh partai selalu dijalankan dengan baik.

3 dari 3 halaman

Lapor Prabowo bila Maju Capres

Sandiaga juga mengaku akan berkomunikasi dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bila berniat menjadi capres.

"Saya akan terus berkomunikasi dengan beliau," kata Sandiaga.

Sandiaga belum juga bicara soal Pilpres 2024 dengan Prabowo sampai hari ini. Kata dia, saat ini bukan momen untuk bicara politik. Meski telah mengatakan siap nyapres, Sandiaga belum pernah mengomunikasikannya karena memilih fokus bekerja di kementerian.

"Tetapi kan belum saatnya politik kita sekarang saatnya bekerja untuk menyelesaikan tugas-tugas kita ada dua tahun lagi di pemerintahan ini. Tugas-tugas ada di depan mata terutama berkaitan dengan masalah ekonomi yang dihadapi masyarakat," kata Menparekraf ini.

Ia pun mengungkap, kesempatan terakhir bertemu dengan Prabowo adalah saat Rapimnas Gerindra dan kedatangan Presiden Filipina di Istana. Ketika itu, Sandiaga dan Prabowo sama sekali tidak bicara soal Pilpres 2024. Bahkan ia sempat bertanya arahan khusus dari Prabowo.

"Enggak ada. Kita bicara dengan sangat cair," kata Sandiaga.

"Dan diskusi kami sangat lancar, saya sampai tanya ada arahan dari beliau? 'Tidak ada'. Fokus di kementerian di tugas yang menurut beliau sangat baik sudah kita laksanakan," jelasnya. [ray]

Baca juga:
Sandiaga: Saya Maju Capres Karena Aspirasi dari Masyarakat hingga Tokoh Politik
Ada Anggapan Tak Pernah Bawa Bendera Gerindra ke Daerah, Ini Reaksi Sandiaga
Sandiaga soal Capres: Saya Masih Kader Gerinda dan Patuh Keputusan Partai
Sandiaga akan Berkomunikasi dengan Prabowo Jika Ingin Nyapres
Masuk Bursa Capres PPP, Sandiaga: Itu Hak Partai Politik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini