Sandi & Erick Thohir Berpeluang Jadi Cawapres Airlangga, Golkar: Tergantung Ketum KIB

Kamis, 19 Januari 2023 14:40 Reporter : Merdeka
Sandi & Erick Thohir Berpeluang Jadi Cawapres Airlangga, Golkar: Tergantung Ketum KIB 8 Ketua Umum Parpol Tolak Pemilu Sistem Proporsional Tertutup. ©2023 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tengah menunggu kehadiran calon anggota baru. Sehingga belum melakukan deklarasi capres dan cawapres Pemilu 2024. Bahkan, PPP kini tengah dekat dengan Sandiaga Uno. Sejumlah acara parpol, kerap dihadiri Sandiaga. Sementara PAN dengan Erick Thohir.

Ketua DPP Golkar, Dave Laksono menyambut baik kedekatan Sandiaga dan Erick dengan parpol KIB. Namun menurut dia, peluang Sandiaga dan Erick diusung KIB tergatung kesepakatan ketua umum parpol KIB yakni, Golkar, PPP dan PAN.

"Itu dinamika biasa yah, toh akhirnya harus diputuskan bersama dengan para ketum KIB," tegas Dave saat dihubungi merdeka.com, Kamis (19/1).

Termasuk soal peluang Airlangga Hartarto yang bakal diduetkan dengan Sandiaga atau Erick Thohir nantinya, Dave menyerahkan sepenuhnya kepada ketua umum Golkar.

"Mengenai pasangan capres, itu adalah hal prerogatif ketum untuk umumkan. Jadi kita tunggu waktu yang tepat untuk umumkan hal tersebut," imbuhnya.

2 dari 4 halaman

Menurut dia, terlalu dini untuk menentukan yang terbaik antara Airlangga-Sandiaga atau Airlangga-Erick Thohir. Dia menegaskan, yang pasti Golkar tetap akan mengusung Airlangga sebagai Capres.

"Yang pasti kami hanya fokus kepada Pak Airlangga, kami yakin yang berpasangan dengan Pak Airlangga, adalah yang terbaik," ujar dia.

Sementara itu, Peneliti BRIN, Wasisto Rahardjo Jati menilai, Pemilu 2024 akan dimanfaatkan betul bagi para tokoh populer untuk maju sebagai capres atau cawapres. Termasuk oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Wasisto mengatakan, Pemilu 2024 akan menjadi momentum bagi nama-nama populer untuk bisa meneruskan estafet kepemimpinan.

"Sandiaga Uno yang selama ini menjadi bagian dari nama-nama populer berdasarkan beberapa rilis survei tentu berkeinginan maju," ujar Wasisto saat dihubungi merdeka.com, Senin (17/1).

Wasisto melihat, komunikasi yang dibangun Sandiaga dengan PPP hal yang wajar. Meskipun hal tersebut berdampak pada hubungan yang memanas antara internal Gerindra dan Sandiaga.

"Saya pikir itu bisa jadi silaturahmi politik biasa atau bagian dari pendekatan politik untuk nominasi," ujar dia.

3 dari 4 halaman

Wasis menambahkan, kalaupun nantinya PPP bakal mengusung Sandiaga di 2024, maka peluang munculnya duet Airlangga Hartarto dan Sandiaga Uno di 2024 sangat mungkin terjadi.

"Formulasi itu berpotensi dan dimungkinkan. Namun tetap perlu melihat dinamika antar koalisi seperti apa," katanya.

Wasis menambahkan, terjadinya duet Airlangga dan Sandiaga berpeluang besar. Terlebih, kombinasi ini dinilai melengkapi generasi senior dan junior.

"Saya pikir peluang itu ada, terlebih kombinasi ini mencerminkan relasi sinergis generasi senior dan muda," tutur dia.

Hubungan Sandiaga Uno dan Gerindra sempat panas. Sandiaga kerap lebih memilih hadir di acara PPP ketimbang Gerindra. Terlebih, Sandiaga mengaku siap maju pemilu, padahal Gerindra sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres.

Bagaimana peluang Sandiaga?

Sandiaga dianggap berpotensi menjadi Cawapres di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Apabila, Sandi benar bergabung dengan PPP.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Power Ikhwan Arif mengatakan, posisi cawapres sangat menentukan apalagi kandidat punya track record yang baik. Misalnya, punya pengalaman sebagai menteri atau background pengusaha yang punya modal logistik yang kuat.

"Jadi ini alasan PPP tertarik mendukung Sandiaga Uno sebagai Capres atau Cawapres potensial pilihannya PPP," kata Ikhwan saat dihubungi, Selasa (17/1).

4 dari 4 halaman

Menurut Ikhwan, peluang Sandiaga maju di Pilpres 2024 melalui Partai Gerindra sudah tertutup. Apalagi Gerindra secara terang-terangan mendeklarasikan Prabowo sebagai capres dan keinginan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai cawapresnya.

"Sandiaga jika direstui Pak Prabowo maju di Pilpres, besar kemungkinan akan diusung KIB sebagai cawapres potensial pilihan KIB yang akan mendampingi Ketua Umumnya Golkar Airlangga Hartarto," lanjutnya.

Oleh karena itu, Sandiaga, berpotensi diusung KIB sebagai cawapres yang akan mendampingi Airlangga. Apalagi Sandiaga punya background politik serta pengusaha yang punya modal logistik yang kuat.

"Sangat rasional ketika PPP menominasi Sandiaga untuk maju di Pilpres. Apalagi PPP tergabung dalam KIB," kata Ikhwan.

Menurutnya, jika duet Airlangga dan Sandiaga terwujud bisa saja koalisi lain akan kewalahan. Apalagi keduanya menteri pilihan Presiden Jokowi yang menurut saya akan mendapatkan restu juga dari Pak Jokowi

"Persoalan elektabilitas bisa diukur ulang," ujar Ikhwan. [rnd]

Baca juga:
Golkar Usulkan Nama Airlangga ke KIB, Bukan Ridwan Kamil
Golkar: Ridwan Kamil Berpotensi Dicalonkan di Pilgub DKI Jakarta
Golkar: Ridwan Kamil Tahu Diri, Dukung Airlangga Sebagai Capres 2024
Berbagi Untung Golkar dan Ridwan Kamil
Jejak Politik Ridwan Kamil: Digoda Banyak Partai, Berlabuh ke Golkar
Ridwan Kamil Cerita Kedekatannya dengan Airlangga, Bikin Mantap Gabung Golkar
Bukan Cawapres, Golkar Sebut Peluang Besar Ridwan Kamil di Pilgub Jabar

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini