Sama dengan Ical, Gerindra bakal dukung Perppu Pilkada

Rabu, 10 Desember 2014 15:30 Reporter : Efendi Ari Wibowo
Sama dengan Ical, Gerindra bakal dukung Perppu Pilkada martin hutabarat. merdeka.com/Imam Buhori

Gerindra tidak keberatan sejauh Perppu itu ada perbaikan.


- Martin Hutabarat

Merdeka.com - Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Martin Hutabarat menilai sikap Ketua Umum Golkar versi Munas Bali, Aburizal Bakrie (Ical) yang berbalik arah mendukung Perppu Pilkada telah sesuai dengan aspirasi rakyat. Sesama anggota Koalisi Merah Putih (KMP), dirinya mendukung penuh sikap tersebut.

"Saya kira pernyataan Ical itu (mendukung Perppu Pilkada) menunjukkan semangat membela kepentingan rakyat di kalangan partai. Kita hargai itu," kata Martin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (10/12).

Menurutnya Partai Gerindra akan tetap konsisten pada nota kesepahaman antara parpol anggota KMP dengan Partai Demokrat. Gerindra akan mendukung Perppu No 1 Tahun 2014 Tentang Pilkada.

"Gerindra tidak keberatan sejauh Perppu itu ada perbaikan. Kita di DPR harus mengamankan keputusan dan kebijakan di kesepakatan Perppu, apalagi beliau (Prabowo) dan Pak SBY sudah ada kesepakatan," terang dia.

Sebelumnya, setelah mendapat sejumlah kritik, Partai Golkar di bawah kepemimpinan Aburizal Bakrie (Ical) akhirnya memutuskan untuk mendukung Perppu Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota (Pilkada). Ical menjelaskan, Golkar mengubah haluannya karena sejumlah pertimbangan.

Lewat akun Facebook, Selasa (9/12), Ical menguraikan tiga pertimbangan pihaknya yakni: keinginan masyarakat luas untuk tetap melaksanakan Pilkada Langsung; kesepakatan awal bulan Oktober antara enam partai politik; dan pembicaraan dengan partai-partai dalam Koalisi Merah Putih (KMP).

"Maka Partai Golkar akan mendukung Perppu usul pemerintah tentang UU Pilkada tersebut," tulis Ical. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini