Saling Klaim Unggul Kubu Jokowi dan Prabowo Jelang Pencoblosan

Selasa, 12 Maret 2019 06:32 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Saling Klaim Unggul Kubu Jokowi dan Prabowo Jelang Pencoblosan Deklarasi Kampanye Damai. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho

Merdeka.com - Jelang pencoblosan presiden Pemilu 2019, persaingan kubu Capres Jokowi dan Prabowo makin sengit. Terbukti dari saling klaim keduanya soal keunggulan suara di berbagai daerah.

Baik kubu Jokowi dan Prabowo mengaku telah melakukan survei internal. Data detailnya memang tidak dipublikasikan, tapi keduanya saling klaim. Berikut klaim kedua kubu:

1 dari 4 halaman

Luhut Klaim Jokowi Unggul di Semua Provinsi

Luhut Pandjaitan. ©2019 Merdeka.com

Ketua Dewan Pembina Luhut Binsar Panjaitan mengklaim, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di semua provinsi. Dengan begitu, Luhut meminta relawan Bravo 5 untuk bekerja bersama mempertahankan apa yang sudah tergambar dalam survai menjadi yang sebenarnya pada Pilpres 17 April 2019.

"Berdasarkan survei yang dipercaya, Paslon 01 sebenarnya sudah unggul hampir di semua provinsi, tetapi jangan lengah. Bravo 5 harus terus turun ke bawah lagi untuk mendekati masyarakat," kata Luhut.

2 dari 4 halaman

Maruf Amin Klaim Dukungan Santri dan Ulama Makin Kompak di Banten

Maruf Amin. ©Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Cawapres Ma'ruf Amin optimis bisa unggul di wilayah Banten. Sebab, dia mengaku ulama dan juga santri kompak mendukungnya dalam pertarungan pilpres 2019. Apalagi cawapres nomor urut 01 itu berasal dari Banten sehingga sangat yakin bisa menang di wilayah tersebut.

"Makin mantap makin kuat di Banten ini. Ulama-ulamanya makin kompak oleh karena itu saya optimis di Banten akan menang," katanya.

Wilayah Banten pada Pilpres 2014 memang dimenangkan oleh Prabowo. Prabowo-Hatta: 3.192.671 (57,10 persen), Jokowi-JK: 2.398.631 (42,90 persen).

3 dari 4 halaman

Kubu Prabowo Klaim Unggul di Empat Provinsi

Prabowo Subianto. ©2018 Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra

Saling klaim unggul suara jelang pencoblosan tengah terjadi. Seperti Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso mengklaim jika Prabowo-Sandi unggul di empat provinsi. Dia mengaku hal ini berdasarkan dari hasil survei terbaru internal BPN.

"Di Jawa Timur kami beda-beda tipis. Namun, beberapa hari terakhir merangkak naik. Di Jawa Tengah kami memang ngos-ngosan, tapi jangan diklaim kalah dulu," kata Priyo.

4 dari 4 halaman

Prabowo-Sandi Ungguli Jokowi-Maruf

Prabowo Subianto. ©Liputan6.com/Ady Anugrahadi

Sama dengan Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso, juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade juga turut mengklaim jika jagoannya telah mengungguli pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Ini pun terlihat dari hasil survei internal BPN. Mengetahui hasil tersebut, kubu Prabowo-Sandi optimis bisa memenangkan Pilpres.

"Catatan kami, tentu akhir Februari sudah unggul dari Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf," kata Andre. [has]

Baca juga:
Bawaslu Temukan 14 WNA Masuk DPT DIY
Berkas Kasus Ibu-Ibu Kampanye 'Jokowi Menang Nikah Sesama Jenis Sah' Belum Lengkap
BPN Heran Pendukung Prabowo Selalu Dihambat Saat Akan Buat Acara
Bawaslu Sebut Video 15 Camat Makassar dan SYL Dukung Jokowi Tak Ada Unsur Kampanye
MUI DKI: Munajat 212 Bukan Acara Kami
Polri Kantongi Identitas Pemilik Akun Opposite6890

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini