Saldo Awal Kampanye, Helmi-Muslihan 1 Juta, Rohidin-Rosjonsyah 500 Juta

Selasa, 29 September 2020 21:05 Reporter : Merdeka
Saldo Awal Kampanye, Helmi-Muslihan 1 Juta, Rohidin-Rosjonsyah 500 Juta Cagub dan wagub Bengkulu. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Helmi Hasan-Muslihan Diding Soetrisna telah menyampaikan saldo awal kampanye kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu yakni sekitar Rp 1 juta sedangkan pasangan Rohidin-Rosjonsyah sebesar Rp 500 juta.

Hal ini disampaikan Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Divisi Hukum Eko Sugianto yang mengatakan dari kedua kandidat sudah menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) penyerahan saldo awal tersebut dilakukan, Jumat (25/9). Dari kedua kandidat ada perbedaan jauh dana kampanye awal.

"Kedua paslon gubernur dan wakil gubernur telah menyampaikan LADK dengan tepat waktu. Memang ada perbedaan dalam LADK paslon, untuk paslon nomor urut 1 Rp 1.102.000 dan paslon nomor urut 2 sebesar Rp 500 juta," ungkap Eko, Selasa (29/9/2020).

cagub dan wagub bengkulu

Cagub dan wagub Bengkulu ©2020 Merdeka.com

Masih Eko, untuk saldo awal pada rekening khusus dana kampanye (RKDK) masing-masing pasangan calon Gubernur, KPU sendiri tidak membatasi saldo awal. Akan tetapi, regulasi dari PKPU sendiri, dalam sumbangan dana kampanye dari perseorangan maksimal Rp 75 juta.

"Kita tidak membatasi untuk sumbangan saldo dana kampanye, namun ada regulasi dari PKPU ada batasan maksimal tersendiri bagi penyumbang," jelasnya.

Sedangkan untuk badan usaha berbadan hukum atau partai politik (parpol) hanya boleh menyumbang Rp 750 juta. "KPU juga membatasi untuk pengeluaran dana kampanye nantinya tidak boleh lebih dari Rp 67 miliar melebihi kesepakatan bersama," katanya.

Diketahui, Helmi-Muslihan maju Pilgub Bengkulu mendapat dukungan tiga partai politik pemilik 10 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu, yakni PAN, NasDem, dan Hanura. Sementara itu, Rohidin Mersyah, yang merupakan gubernur petahana, diusung PDIP dan PKS. Pasangan Rohidin, Rosjonsyah, saat ini menjabat Bupati Lebong.

KOntributor: Sofrian [hhw]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini