Saat Jokowi keceplosan kata sontoloyo, begini reaksi para politikus

Kamis, 25 Oktober 2018 11:38 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Saat Jokowi keceplosan kata sontoloyo, begini reaksi para politikus jokowi lantik 26 pejabat eselon baru. ©2014 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Presiden Jokowi geram rencana penganggaran Dana Kelurahan jadi polemik. Dia heran niat baik pemerintah ingin membantu rakyat justru dipolitisasi. Jokowi mengingatkan rakyat agar hati-hati dengan para politikus. Sebab, ada banyak politikus baik di Tanah Air, namun ada juga politikus sontoloyo.

Di lain kesempatan, Jokowi mengaku keceplosan menyinggung soal politikus sontoloyo. "Kemarin saya kelepasan, saya sampaikan politikus sontoloyo. Ya itu, jengkel saya. Saya enggak pernah pakai kata-kata seperti itu. Karena sudah jengkel, ya keluar. Saya biasanya ngerem tapi sudah jengkel ya bagaimana," jelas Jokowi.

Ucapan Jokowi itu seketika mengundang reaksi dari para politikus. Ada beragam komentar:

1 dari 5 halaman

Jokowi dinilai lagi stres

Sodik Mujahid. ©dpr.go.id

Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mujahid mengomentari pernyataan Presiden Jokowi yang mengatakan banyak politisi sontoloyo karena mengkritik rencana pemasukan dana kelurahan dalam R-APBN Tahun 2019. Sodik menilai, Jokowi hanya sedang stres karena belum melaksanakan janji-janji kampanyenya saat Pilpres 2014 lalu.

"Saya melihat beliau mungkin agak stres, stres banyak janji-janji yang belum dipenuhi, stres harus menangkan. Sehingga keluar kata-kata seperti itu, kata-kata sontoloyo," kata Sodiki.

2 dari 5 halaman

Kritik sebagai vitamin

hinca panjaitan. ©2017 Merdeka.com/demokrat.or.id

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengomentari ucapan Presiden Jokowi yang mengatakan banyak politisi sontoloyo. Menurut dia, seharusnya Jokowi bisa menganggap kritikan sebagai vitamin.

"Kritik itu harus dianggap sebagai vitamin lah. Tidak perlu misalnya dianggap menjadi terus berseberangan sekali. Jadi saya kira dalam alam demokrasi yang terbuka kritik itu sangat baik," kata Hinca.

3 dari 5 halaman

Jokowi dinilai kejar trending

Presiden Jokowi. ©2018 Merdeka.com/Titin

Koordinator Prabowo - Sandiaga Digital Team (PRIDE) Badan Pemenangan Nasional, Anthony Leong mengomentari ucapan Presiden Jokowi soal politikus sontoloyo. Menurutnya mantan wali kota Solo itu hanya ingin menjadi trending topic.

Padahal kata yang dipakai kurang tepat, apalagi Jokowi mengucapkan pernyataan tersebut di masa kampanye sehingga memunculkan potensi saling menyerang. "Karena dari big data ada potensi menjadi trending maka pernyataan tersebut bisa dikeluarkan," kata Anthony.

4 dari 5 halaman

Jokowi muak dengan politisi asal kritik

Presiden Jokowi. ©Liputan6.com/Hanz Salim

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Irma Suryani Chaniago, menilai pernyataan Presiden Jokowi soal politikus sontoloyo bentuk kegeramannya terkait kritik sejumlah oposisi. Jokowi melihat sejumlah politikus tak bisa membedakan mana kebijakan yang harus didukung dan perlu dikritisi.

"Kalau orang santun seperti Pak Presiden sudah bicara agak keras, itu pasti karena beliau sudah mulai muak nih dengan oknum-oknum yang tidak dapat membedakan mana kepentingan rakyat yang harus didukung bersama dan mana yang harus dikritisi dengan data," kata politikus NasDem itu melalui pesan singkat, Rabu (24/10).

5 dari 5 halaman

Politikus sekarang asal sembur

Yasonna Laoly. ©2017 Merdeka.com/Ahda Bayhaqi

Sementara Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menilai, ada pesan di balik ucapan Presiden Jokowi. Namun Yasonna tak banyak mengomentari soal politikus sontoloyo tersebut.

"Itu kan sekarang ini orang-orang kan asal sembur aja gitu, membuat apa namanya, informasi yang enggak bener," kata Yasonna yang juga seorang politikus PDIP.

Yasonna mengatakan seharusnya politik dijalankan secara beradab dan beretika. Serta selalu mengedepankan adu visi-misi dan program. [has]

Baca juga:
Politisi PKS sebut perkataan sontoloyo Jokowi sangat tidak mendidik
Menggunakan pesawat Kepresidenan, Jokowi jajal Bandara APT Pranoto di Samarinda
Menhub tugaskan AP I kelola Bandara baru APT Pranoto di Samarinda
Presiden Jokowi akan resmikan dua bandara di Kaltim
Wiranto: Membangun dari pinggiran ala Jokowi tidak hanya slogan

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini