Saat Anak Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin Nyalon Kepala Daerah

Kamis, 5 Desember 2019 06:00 Reporter : Syifa Hanifah
Saat Anak Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin Nyalon Kepala Daerah Jokowi dan keluarga di Istana Bogor. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan digelar tahun 2020. Terdapat 224 Kabupaten, 37 kota dan 9 provinsi yang akan menggelar Pilkada. Partai politik mulai menyaring tokoh-tokoh yang layak untuk dicalonkan, bahkan beberapa tokoh sudah menyatakan siap untuk maju dalam Pilkada tahun 2020.

Secara mengejutkan, anak serta menantu Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut meramaikan Pilkada 2020. Untuk memuluskan langkahnya, mereka sudah mendaftarkan diri ke partai politik.

Akankah nama besar sang ayah sebagai kepala negara memuluskan langkah mereka menjadi kepala daerah? Berikut anak presiden dan wapres yang daftar sebagai calon kepala daerah:

1 dari 3 halaman

Bobby Nasution

Menantu Presiden Jokowi, Bobby Afif Nasution akan maju sebagai calon Wali Kota Medan tahun 2020. Hal ini dibuktikan dengan dirinya yang telah mengembalikan formulir pendaftaran untuk maju sebagai calon Wali Kota Medan ke DPD PDIP Sumatera Utara, Selasa (3/12).

Dia berharap mendapatkan dukungan dari partai berlambang banteng moncong putih itu pada Pilkada 2020. "Saya kembalikan formulir pendaftarannya lengkap dengan sejumlah persyaratannya. Ini pertama kali saya mendaftar ke partai politik untuk maju sebagai calon Wali Kota Medan," kata Bobby kepada wartawan di Medan, Selasa (3/11).

Sementara itu untuk kriteria pendampingnya, Bobby berharap dipasangkan dengan sosok yang bisa membantunya. Alasannya, dia belum punya pengalaman di bidang birokrasi.

"Karena saya bukan dari birokrat, saya baru pertama kali juga untuk maju wali kota. Tugas kerja yang selama ini saya lakukan dari bisnis, sangat berbeda dengan memimpin sebuah kota. (Calon wakil) harus bisa men-support saya, harus tahu masalah Medan," katanya.

2 dari 3 halaman

Gibran Rakabuming Raka

Selanjutnya, putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka tiba-tiba menyatakan ingin terjun ke dunia politik. Ia tertarik untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Solo tahun 2020 mendatang.

Untuk memuluskan langkahnya maju sebagai calon Wali Kota Solo, Gibran resmi menjadi kader PDIP setelah mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA). Gibran juga menemui sejumlah tokoh PDIP dari DPC FX Hadi Rudyatmo, Ketua DPD Jawa Tengah Bambang Puryono hingga Ketua DPP Megawati Soekarnoputri.

Gibran akan mendaftarkan diri melalui Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDIP) Jawa Tengah. Namun suami Selvi Ananda tersebut belum bisa memastikan kapan akan menyambangi Kantor DPD PDIP di Semarang.

"Saya akan daftar di Semarang, ini masih menunggu informasi dari DPD PDIP Jateng," ujar Gibran di The Sunan Hotel Solo, Selasa (12/11).

Untuk pendampingnya, Gibran mengaku masih akan menunggu keputusan dari partai. Ia akan tunduk dan patuh pada keputusan partai. "Kalau untuk pasangan, saya nunggu keputusan partai. Saya kan orang baru, jadi nunggu arahan saja, saya harus konsultasi," katanya.

3 dari 3 halaman

Siti Nur Azizah

Bukan hanya putra dan menantu Presiden Jokowi yang mengikuti Pilkada 2020. Putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah juga mendaftar sebagai calon Wali Kota Tangerang Selatan. Dia sudah mendaftar ke sejumlah partai, di antaranya adalah PDIP, Hanura dan Gerindra.

Bahkan ia sudah kembalikan berkas bakal calon Wali Kota Tangerang Selatan ke PDIP. Dia siap bersaing dengan bakal calon wali kota lain dari PDIP, juga dengan partai lain bila sudah ada yang membuka pendaftaran seperti PDIP.

"Iya, saya ke sini bermaksud untuk mengembalikan berkas persyaratan bakal calon Wali Kota Tangsel," ujar Nur Azizah kepada pengurus partai, Senin (16/9/2019).

Nur Azizah mengaku, pencalonannya telah mendapat dukungan keluarga terutama dari ayahnya. "Beliau sangat menghargai. Beliau sangat mengenal saya, saya memang tidak terbiasa dengan karpet merah," jelas Azizah di Kawasan Gondangdia Jakarta, Jakarta, Selasa (12/11). [dan]

Baca juga:
Bukan Nepotisme, Anak dan Mantu Jokowi Ikut Pilkada 2020 Disebut PDIP hanya Kebetulan
PKS Soal Bobby Maju Pilwalkot Medan: Sedih Kalau Tren Nepotisme Muncul Lagi
Syarat Calon Independen Pilkada Solo: Harus Kumpulkan 35.870 e-KTP
Rudy Tegaskan DPC PDIP Solo Usulkan Purnomo-Teguh di Pilkada
Menantu Jokowi Kembalikan Formulir Bacalon Wali Kota Medan ke PDIP
Ingin Ikut Pilkada Solo, Gibran Rakabuming Diminta PDIP Jateng Penuhi 24 Syarat

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini