Rumor reshuffle beredar, Moeldoko jadi Menko Polhukam gantikan Tedjo

Senin, 29 Juni 2015 20:29 Reporter : Yulistyo Pratomo
Rumor reshuffle beredar, Moeldoko jadi Menko Polhukam gantikan Tedjo Jokowi lantik menteri Kabinet Kerja. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Mendekati hari raya Idul Fitri, isu reshuffle atau pergantian Kabinet kerja di era pemerintahan Jokowi semakin kencang. Sejumlah nama disebutkan bakal dicopot atau digeser dari jabatannya.

Isu reshuffle ini pertama kali diembuskan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang menilai sejumlah menteri Jokowi tak maksimal bekerja. Isu ini semakin kencang ketika Koalisi Merah Putih ikut bersuara.

Bahkan, beredar rumor sejumlah menteri yang bakal terkena reshuffle. Panglima TNI Jenderal Moeldoko dikabarkan akan menempati posisi sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, jabatan ini masih disandang oleh Tedjo Edhy Purdijatno.

Pencopotan Tedjo tersebut membuat kursi menteri dari Partai NasDem berkurang satu. Hal yang sama juga terjadi pada kader Partai Kebangkitan Bangsa di mana Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga dicopot juga dari jabatannya.

Selain itu, Menteri badan Usaha Milik Negara Rini Soemarmo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil serta Menteri Pertanian Amran Sulaiman dicopot dari jabatannya. Jabatan yang dipegang Rini akan digantikan oleh Ignasius Jonan.

Pergantian juga terjadi pada jabatan Sekretaris Kabinet, di mana Andi Widjajanto akan menempati posisi sebagai Menteri Pertahanan. Sedangkan Ryamizard Ryacudu dipercaya mengganti posisi yang ditinggalkan Andi.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno akan digeser ke posisi baru, yakni Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Jabatan ini masih disandang oleh Yuddy Chrisnandi, namun tak jelas Yuddy akan dipindahkan atau dicopot.

Dari semua pemindahan tersebut, Partai Amanat Nasional mendapatkan satu jatah posisi menteri, namun posisi yang pasti menunggu keputusan Jokowi. [tyo]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini