Ridwan Kamil: Pemenang Pilpres 2024 Tidak Bisa Ditebak

Senin, 3 Oktober 2022 11:19 Reporter : Lydia Fransisca
Ridwan Kamil: Pemenang Pilpres 2024 Tidak Bisa Ditebak Truk Maut Tewaskan 10 Orang di Bekasi, Ridwan Kamil Minta Perusahaan Cek Kendaraan. ©2022 Liputan6.com/Winda Nelfira

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai pemenang dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tidak bisa ditebak. Hal tersebut diungkapkannya ketika ditemui di Ballroom Djakarta Theater XXI, Jl. M.H. Thamrin No. 9, Jakarta Pusat pada Minggu (3/10).

"Tidak bisa ditebak. Dulu juga survei saya 5 persen, menang 55 persen. Ada yang survei tinggi kalah juga," kata Kang Emil, sapaan akrabnya.

Ia juga mengatakan, hasil Pilpres 2024 nantinya tidak akan diprediksi dari jauh-jauh hari. "Jadi, mohon maaf ya. Dua kali naik pilkada enggak semua hasil akhir bisa diprediksi jauh-jauh hari-hari. Contoh, apakah Pak Ma’ruf Amin dulu ada baliho dan surveinya? Kemudian terpilih menjadi wakil presiden (wapres)," tambah Emil.

Emil berpendapat, dunia politik tidak bergantung kepada suasana hati masyarakat. "Dalam politik tidak semua terkalkulasi. Bahwa mood warga di hari ini terekam survei, apakah itu sama dengan kemenangan. Saya bilang tidak matematis," kata dia.

Meski demikian, ia belum ingin berkomentar langkah selanjutnya yang akan ia ambil dalam menuju 2024. "Nanti dikabarin lah. Insya Allah," kata Emil.

2 dari 2 halaman

Diberitakan sebelumnya, Ridwan Kamil akan bergabung dalam partai politik menjelang 2024. Ia akan mengumumkan keputusan tersebut paling tidak hingga akhir 2022.

"Hingga saat ini, begitu banyak dinamika yang terjadi dalam perpolitikan nasional menjelang 2024. Ya nanti dikabari. (Pengumuman partai politik pilihannya) masih di tahun ini," kata Ridwan Kamil, di Bandung, Kamis (29/9).

Dia menuturkan pada Rabu (28/9) malam telah bertemu dengan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Agung Laksono. Tetapi, katanya, Agung Laksono yang ditemuinya tidak memposisikan diri sebagai petinggi Partai Golkar, tetapi sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

"Kemarin malam itu bertemu Wantimpres lebih tepatnya sehingga saya dapat nasihat supaya fokus berprestasi dalam pembangunan. Kalau karier politiknya nanti menyesuaikan dengan prestasi yang ditampilkan," katanya. [tin]

Baca juga:
Surya Paloh: Saya Sungguh Tak Melihat Hubungan NasDem, Pencalonan Anies dan KPK
Anies Baswedan Diusung NasDem jadi Capres: Kami Terima, Kami Siap
NasDem Resmi Usung Anies Baswedan Capres 2024
Relawan Mengaku Diberitahu Anies Bakal Diumumkan jadi Capres NasDem
Senyum Anies Baswedan Merapat ke NasDem Tower
NasDem Segera Deklarasi Capres, Anies Baswedan Hadir
Anies Baswedan Tiba di Kantor NasDem, Siap-Siap Diumumkan jadi Capres?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini