Ridwan Kamil ingin ubah Situ Rawa Kalong Depok jadi 'instagramable'

Sabtu, 10 Maret 2018 23:00 Reporter : Nur Fauziah
ridwan kamil saat berkunjung ke Depok. ©2018 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Depok adalah kota situ. Karena di kota ini terdapat lebih dari 20 setu. Dengan adanya sumber daya ini seharusnya mampu menjadikan Depok sebagai kota tujuan wisata air.

"Depok itu lake city. Depok paling banyak danau. Yang paling mudah untuk dijadikan wisata ya danau ini, tapi mungkin di sini kurang dikelola ya," kata Emil di Depok, Sabtu (11/3).

Salah satu ide yang ditangkap Walikota Bandung itu ketika mengunjungi Depok adalah wacana mengubah Situ Rawa Kalong yang berada di Cimanggis, Depok, menjadi 'instagramable'. Di sana bisa dijadikan ruang terbuka publik yang bisa dimanfaatkan warga secara percuma.

"Situ Rawa Kalong itu multi fungsi. Nanti bisa dibuatkan jogging track, ada zona untuk teater. Ada wisata perahu yang bisa diciptakan khusus. Dengan kombinasi itu saya yakin ini akan jadi hits dan instagramable," ucapnya optimis.

konsep situ rawa kalong di Depok versi Ridwan Kamil 2018 Merdeka.com/istimewa


Dengan demikian akan dampaknya akan dirasakan masyarakat secara langsung. Dimana nantinya perekonomian sekitar meningkat. Kemudian penegakan hukum soal pencemaran lingkungan akibat limbah juga bisa ditegakkan.

"Keuntungannya Depok menjadi beken, ekonomi meningkat," paparnya.

Mengenai dana untuk pengelolaan, kata dia, bisa diambil dari berbagai sumber. Misalnya dari APBN, APBD provinsi atau kotam swasta dan dari umat. Jika situ di Depok dikelola dengan baik dan menjadi hits dia yakin energi positif ini akan tersebar ke wilayah lain.

"Wilayah yang danaunya sebanyak 20 cuma Depok, tapi nggak ada dubes (perwakilan situ) yang enak dilihat. Bayangkan kalau satu (situ) beres dan jadi virus (contoh) yang lainnya," tutupnya. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini