Ridwan Kamil Gabung Golkar Dinilai Berdampak pada Elektabilitas Airlangga

Sabtu, 21 Januari 2023 17:14 Reporter : Merdeka
Ridwan Kamil Gabung Golkar Dinilai Berdampak pada Elektabilitas Airlangga Ridwan Kamil masuk Golkar. ©2023 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) memilih untuk bergabung dengan Partai Golkar jelang Pemilu 2024. Keputusan ini dinilai berdampak positif pada elektabilitas Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing mengatakan, elektabilitas Airlangga akan meningkat secara signifikan pasca berhasil membawa tokoh-tokoh daerah gabung. Bukan cuma Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jatim, Soekarwo juga ikut bergabung ke Golkar.

"Apakah akan meningkatkan elektoral daripada Airlangga? Secara hipotesis saya katakan iya. Jadi kalau memang RK mau membincangkan atau mengkampanyekan Airlangga capres maka pengikut follower yang cinta atau yang senang dan militan terhadap RK akan cenderung mengikuti pesan yang disampaikan oleh RK," ujarnya saat dihubungi wartawan, Sabtu (21/1).

"Akan naik secara signifikan dari masyarakat yang memang mengagumi dan menyenangi RK, khususnya di Jabar. Dari wilayah itu maka Airlangga akan dapat elektoral yang tinggi lagi," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Emrus juga menyebut peningkatan elektabilitas Airlangga juga akan terjadi di wilayah Jawa Timur. Hal ini sebagai dampak dari bergabungnya Soekarwo atau akrab disapa Pakde Karwo.

"Khusus di Jawa Timur, kebetulan sekarang Gubernur Khofifah, sehingga kemungkinan lumbung suara akan terpecah. Tetapi loyalis Soekarwo sudah pasti akan diikuti apa yang disampaikan Soekarwo. Sehingga jabatan 2 periode di sana, secara de facto saya pikir pengaruh Soekarwo masih sangat bagus. Karena yang bersangkutan tidak memiliki cacat politik atau hukum," katanya.

Emrus menyarankan, Airlangga juga memboyong tokoh-tokoh Gubernur dan Mantan Gubernur lainnya untuk bergabung ke partai beringin.

"Saya kira inilah kejelian dari Airlangga, dia menerima tokoh-tokoh daerah, kalau boleh saran saya tokoh-tokoh daerah Gubernur atau Mantan Gubernur seluruh Indonesia kalau boleh berada di Golkar semua. Supaya elektoral daripada Airlangga meningkat secara signifikan. Kalau saya berpendapat, kalau Jatim sudah ada mantan gubernur, kenapa tidak kemudian menarik Khofifah," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan siap mengkampanyekan narasi-narasi Airlangga sebagai Capres.

Ridwan Kamil didapuk menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih dan Co-Chair Bapilu Partai Golkar.

"Saya fatsun terhadap keputusan organisasi maka ke mana-mana keputusan partai terkait Pak Airlangga sebagai capres pun itu akan saya narasikan ke mana-mana," kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini. [rnd]

Baca juga:
Pilih Pilgub Jabar atau DKI Jakarta 2024? Ini Jawaban Ridwan Kamil
Airlangga: Golkar Rajanya Sistem Proporsional Tertutup
Jaket Kuning Ridwan Kamil
Jagoan Pilgub DKI 2024: Golkar Ridwan Kamil, Demokrat Emil Dardak, PKB Gibran
Golkar Punya Ridwan Kamil, Demokrat Siapkan Emil Dardak untuk Pilgub DKI 2024

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini