Ridwan Kamil Bergabung, Apa Untungnya Buat Golkar?

Kamis, 19 Januari 2023 19:54 Reporter : Ahda Bayhaqi
Ridwan Kamil Bergabung, Apa Untungnya Buat Golkar? Ridwan Kamil masuk Golkar. ©2023 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menambatkan karier politiknya dengan berlabuh di Partai Golkar. Ketum Golkar Airlangga Hartarto mempercayakan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil memegang jabatan Wakil Ketua Umum.

Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno menilai Golkar mendapat sejumlah manfaat atau keuntungan atas bergabungnya Kang Emil. Dia mengatakan, sosok Kang Emil membawa Golkar lebih solid menghadapi Pemilu 2024, khususnya untuk memenangkan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Pilpres 2024.

"Saya kira masuknya Ridwan Kamil ke Golkar akan berdampak signifikan bagi soliditas bagi kinerja dan pemanasan mesin Golkar menuju jalan panjang 2024," ujar Adi kepada wartawan, Kamis (19/1).

Ridwan Kamil merupakan sosok penting karena punya massa pendukung, dan elektabilitas serta popularitasnya signifikan dalam berbagai survei. Pemilih Ridwan Kamil otomatis akan memilih Golkar pada Pemilu 2024.

"Pemilih Ridwan Kamil atau orang orang yang suka Ridwan Kamil, orang yang kenal dengan Ridwan Kamil ini otomatis akan hijrah ke Golkar," jelas Adi.

2 dari 2 halaman

Gubernur Jabar Periode Dua

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini melihat tradisi pemilih cenderung personal. Maka pilihan partai politik pendukung Ridwan Kamil tentunya akan berlabuh juga ke Golkar.

"Jadi kalau Ridwan Kamil pindah ke Golkar maka basis pemilih Ridwan Kamil yang tersebar di berbagai tempat khususnya di Jawa Barat akan migrasi secara perlahan ke Golkar. Itu dampak politik elektoral yang pastinya secara signifikan akan didapatkan oleh Golkar," jelas Adi.

Namun, peluang Ridwan Kamil menjadi calon presiden harus terkubur perlahan. Karena Golkar sudah solid untuk mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto di Pilpres 2024. Minimal, Ridwan Kamil bisa mengantongi dukungan untuk maju di Pilkada Jawa Barat untuk periode keduanya, atau bertarung di Pilkada DKI Jakarta.

"Minimal Ridwan Kamil bisa memilih mau maju di Pilkada Jabar, atau di Jakarta. Setidaknya Ridwan Kamil ada partai besar yang mengusungnya yaitu Golkar," ujar Adi. [ded]

Baca juga:
Sandi & Erick Thohir Berpeluang Jadi Cawapres Airlangga, Golkar: Tergantung Ketum KIB
Golkar Usulkan Nama Airlangga ke KIB, Bukan Ridwan Kamil
Golkar: Ridwan Kamil Berpotensi Dicalonkan di Pilgub DKI Jakarta
Golkar: Ridwan Kamil Tahu Diri, Dukung Airlangga Sebagai Capres 2024
Berbagi Untung Golkar dan Ridwan Kamil
Jejak Politik Ridwan Kamil: Digoda Banyak Partai, Berlabuh ke Golkar

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini