Respons Santai Prabowo Masuk Urutan Teratas Survei Capres 2024

Selasa, 4 Mei 2021 21:24 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Respons Santai Prabowo Masuk Urutan Teratas Survei Capres 2024 Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merespons terkait namanya yang kerap masuk dalam survei Calon Presiden 2024. Menteri Pertahanan itu hanya merespons santai dan memilih beranjak pergi.

Prabowo menanggapi itu setelah menerima kunjungan Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan jajarannya di markas DPP Gerindra, Jakarta Selatan, Selasa (4/5).

"Oh ya? Oh ini mobil saya, (sambil menunjuk mobilnya)," kata Prabowo sambil berlalu.

Di kesempatan sama, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, hasil survei Capres saat masih terlalu dini dibicarakan. Sebab, partainya masih dalam tahap penguatan di tingkat akar rumput dan proses konsolidasi.

"Kalau kita ngomong 2024 masih terlalu dini, pada saat ini Gerindra sedang dalam tahap konsolidasi partai. Kami akan menguatkan partai sampai ke akar rumput nanti ada waktunya sampai kita bicara soal pilpres di 2024," kata Dasco.

Meski begitu, lanjut Dasco, peluang Prabowo untuk maju di kontestasi Pilpres 2024 masih terbuka. Tetapi, hal itu belum dibahas serius bersama Prabowo.

"Kalau soal peluang usulan memang ada tapi sampai sekarang di DPP belum pernah kami bahas dan juga spesifik pada Pak Parbowo belum pernah kita bicarakan, santai aja santai," pungkasnya.

Litbang Kompas mencatat Presiden Joko Widodo masih menempati urutan teratas survei elektabilitas calon presiden. Meski Jokowi sudah tidak bisa lagi maju di Pilpres 2024.

Sementara mantan rival Jokowi di Pilpres 2019 lalu, Prabowo Subianto mengekor di posisi kedua. Serta diikuti dua kepala daerah Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Hal ini dikutip dari survei Litbang Kompas yang dirilis pada Selasa (4/5).

Pada survei April 2021, Jokowi menempati urutan teratas dengan elektabilitas sebesar 24 persen. Menteri Pertahanan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di urutan kedua dengan elektabilitas sebesar 16 persen.

Berikutnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki elektabilitas 10 persen. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di posisi keempat dengan angka 7 persen.

Tokoh berikutnya yang masih berada di posisi lima besar adalah Menparekraf Sandiaga Uno. Cawapres Prabowo di 2019 ini memiliki elektabilitas 4 persen. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini