Reshuffle kabinet belum dilakukan, Menpan RB Asman Abnur sudah mengundurkan diri

Selasa, 14 Agustus 2018 23:59 Reporter : Achmad Fajar M
Reshuffle kabinet belum dilakukan, Menpan RB Asman Abnur sudah mengundurkan diri Asman Abnur Fanani. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Reshuffle kabinet kerja yang keempat kalinya akan segera dilakukan oleh presiden Jokowi dalam waktu dekat. Namun belum juga dilakukan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur Fanani sudah lebih dulu mengajukan pengunduran dirinya kepada presiden Jokowi.

"Kita juga hormati dan apresiasi sikap kesatria Pak Asman Abnur yang menyampaikan pengunduran dirinya kepada Presiden hari ini," ucap Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno saat ditanya soal pengunduran diri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur dan reshuffle kabinet pada Selasa (14/8).

Asman Abnur Fanani ©2018 liputan6.com

Pengunduran diri itu dikabarkan karena PAN sudah tak sejalan dengan partai pendukung Jokowi lainnya pada Pilpres 2019. Di mana PAN mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga uno.

Soal perombakan kabinet, PAN pun menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi dan akan menghormati keputusan tersebut.

"Hak dan kedaulatan reshuffle kabinet sepenuhnya ada di tangan Presiden. Kita akan hormati keputusan yang Beliau jalankan terkait Kabinet Kerja saat ini," pungkasnya.


Terkait Dinamika Koalisi

Presiden Jokowi bakal melakukan reshuffle (perombakan) kabinet jilid IV dalam waktu dekat. Mensesneg Pratikno menjelaskan pertimbangan perombakan kabinet.

"Kita tunggu keputusannya karena ini konsekuensi dari dinamika politik perkoalisian," kata Pratikno saat memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Perihal tanggal dan hari perombakan kabinet, Pratikno belum bisa memastikan. Dia hanya menegaskan, Presiden Jokowi yang akan menyampaikan langsung perombakan kabinet kerja.

"Kalau yang memastikan Pak Presiden," ujar dia.

Pratikno menambahkan, di mata Jokowi kinerja Asman Abnur di Kemenpan RB selama ini sangat memuaskan. Namun, jika Asman dilengser dari Kabinet Kerja maka itu merupakan konsekuensi dari keluarnya PAN dari koalisi pemerintah.

"Ini konsekuensi dari pengkoalisian," tutur dia.

Asman Abnur dilantik Jokowi sebagai Menpan RB pada 27 Juli 2016 lalu. Asman menggantikan posisi Yuddy Chrisnandi.

Memang sangat disayangkan pengunduran diri menteri Asman Abnur ini. Namun, inilah dunia politik. Ini menjadi salah satu contoh dampak dari bergantinya koalisi dari partai pengusung dengan pemerintah yang sedang berkuasa.

Sumber: Liputan6.com [mg2]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini