Ratusan surat suara di Jabar rusak, KPU dituntut bergerak cepat

Selasa, 11 Maret 2014 13:40 Reporter : Muhammad Sholeh
Ratusan surat suara di Jabar rusak, KPU dituntut bergerak cepat surat suara Pemilu 2014 dicetak. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menerima laporan 130 ribu surat suara rusak untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2014. Kerusakan hampir dialami di seluruh 26 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Bappilu PPP Fernita Darwis meminta KPU pusat agar segera menindaklanjuti. Apalagi secara geografis, Bandung Jawa Barat jaraknya dekat dengan ibu kota.

"Ini masih ada waktu untuk pendistribusian suara, secara geografis Jabar dekat dengan DKI Jakarta. Saya yakin 130 ribu surat suara yang rusak itu, KPU dapat mengatasinya, tak beratlah, 3 jam sampai," ujar Fernita saat dihubungi, Jakarta, Selasa (11/3).

Koordinator pemenangan pemilu PPP wilayah Jabar itu menambahkan, KPUD Jawa Barat harus segera membuat berita acara dan kemudian disampaikan ke KPU Pusat. Jangan sampai insiden buruk ini merambah dan menjadi barometer bagi daerah-daerah terpencil di luar Jawa.

"Kalau menurut kami KPUD setempat (Jabar) jika mendapat suara misalnya, surat suara sudah bolong atau robek harus segera cepet dilaporkan ke KPU Pusat," tegas Fernita.

"Agar pergantian suara digantikan dengan waktu secepat mungkin, jangan sampai hal ini terjadi di daerah-daerah luar Jawa juga. Surat suara di Jabar harus segera diganti," tandasnya.

Diketahui sebelumnya, sebanyak 5 ribu lembar di berbagai kota/kabupaten di Provinsi Jawa Barat mengalami kerusakan. Surat suara yang ditemukan rusak rata-rata yakni karena robek dan bercak tinta percetakan.

"Kerusakan surat suara rata-rata 5.000 lembar setiap daerahnya, ya dikalikan saja sama seluruh daerah angkanya segitu (130 ribu)," kata Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat, di Bandung, Selasa (11/3). [has]

Topik berita Terkait:
  1. Pemilu 2014
  2. KPU
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini