Rakyat Palestina doakan Jokowi jadi Presiden

Senin, 23 Juni 2014 17:47 Reporter : Jonas Fredryc Tobing
Rakyat Palestina doakan Jokowi jadi Presiden Dukungan Palestina. ©2012 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Dukungan Jokowi bagi kemerdekaan Palestina rupanya tidak bertepuk sebelah tangan. Rakyat Palestina ternyata telah mengenal sosok dan sepak terjang calon presiden Joko Widodo. Tak hanya dikenal sebagai sosok yang secara tegas mendukung kemerdekaan bangsa Palestina, di mata rakyat Palestina, Jokowi ternyata juga dikenal sebagai tokoh yang sudah lama menjalin hubungan persahabatan dengan mereka.

Jauh sebelum pilpres digelar, misalnya, Jokowi pernah mengundang timnas Palestina ke Solo untuk menjalani pertandingan persahabatan. Ketika masih menjabat sebagai Wali Kota Solo, Jokowi pun telah sering membantu rakyat Palestina.

"Saya merupakan salah satu fans Pak Jokowi. Kami sudah lama bekerja sama. Pak Jokowi sudah menunjukkan dukungannya untuk Palestina jauh sebelum pilpres, tepatnya saat ia mengundang timnas Palestina ke Solo untuk pertandingan persahabatan," ujar Fariz N. Mehdawi, Duta Besar Palestina untuk Indonesia, dalam siaran pers seperti dilaporkan Antara, Minggu 22 Juni 2014.

Makanya, tidak mengherankan ketika Jokowi berulang ke-53, Sabtu 21 Juni kemarin, rakyat Palestina di Ramalah secara khusus mendoakan Jokowi. "Kami selalu berharap dukungan dari para pemimpin bangsa ini untuk pembebasan Palestina, seperti yang ditunjukkan oleh proklamator Indonesia Bung Karno," lanjut dia.

Di mata Fariz, Jokowi merupakan sosok yang sederhana, jujur, merakyat yang tidak ada bedanya dengan rakyat Indonesia lainnya. Menurut Faris, justru disitulah kelebihannya "the secret of leaders" yang menjadi kelebihan Jokowi. Karena itulah Fariz mendoakan agar Jokowi bisa menjadi presiden Indonesia.

"Dia sama seperti saya, seperti kalian. Negeri ini dapat menghasilkan 250 juta pemimpin, bukan hanya satu. Kalian menyeyanginya karena dia mirip kalian, seperti semua orang, bukan karena dia berbeda. Perbedaannya adalah dia tidak berbeda dengan orang lain," jelas Fariz.

Seperti diberitakan, ketika tampil dalam debat capres ketiga dengan tema politik internasional dan ketahanan nasional, Jokowi menegaskan sikapnya akan mendukung kemerdekaan Palestina dan mendukung penuh agar bangsa jajahan Israel tersebut menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). (skj) [cza]

Topik berita Terkait:
  1. Advertorial
  2. Indonesia Hebat

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini