Quick count: ASRI menang Pilkada Pamekasan

Reporter : Moch. Andriansyah | Rabu, 9 Januari 2013 18:38
Quick count: ASRI menang Pilkada Pamekasan
Ilistrasi Pilkada. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pamekasan, Madura, Jawa Timur selesai digelar. Dari hasil quick count (perhitungan cepat) yang dilakukan Lembaga Proximity, pasangan nomor urut tiga, Achmad Syafii-Kholil Asyari (ASRI) keluar sebagai pemenang, dengan perolehan suara mencapai 53,76 persen.

Versi quick count, pasangan calon bupati yang diusung PPP, Demokrat, PAN, PKS dan Hanura tersebut, berhasil menggusur dominasi pasangan incumbent, Khalilurrahman-Muhammad Masduki (KOMPAK), yang diusung PKB, PBB, Golkar, PBR dan PDIP, hanya mendulang suara 44,71 persen.

Di urutan ketiga, pasangan nomor urut satu, Al Anwari-Holil (AHO) yang diusung PKNU, Republikan dan 14 Parpol non parlemen, hanya mendulang 1,53 persen suara.

"Hasil perhitungan cepat ini, kami peroleh pada pukul 16.30 WIB, dari 13 kecamatan di Pemekasan," terang Dirut Proximity, Wima Edy Nugroho di Surabaya, Rabu (9/1) sore.

Edy juga mengatakan, dari 1.582 tempat pemungutan suara (TPS), Lembaga Proximity hanya mengambil 150 TPS sebagai sampling. Pemilih tersampling sebanyak 61.159 suara dari 642.808 DPT. " Untuk partisipasi pemilih ada sekitar 71, 01 persen, sedangkan yang memilih golput ada 29 persen."

Meski demikian, lanjut dia, Proximity, memastikan, untuk masalah margin of error hanya mencapai 1 persennya saja.

"Untuk peta kekuatan, dari 13 kecamatan, pasangan nomor urut dua (KOMPAK) mendominasi suara di tiga kecamatan, yaitu Kec Kadur, Batumar, dan Pasean. Sedangkan 10 kecamatan sisanya, antara lain Kec Galis, Pegantenan, Palenga'an, Pakong, Pamekasan, dan beberapa kecamatan lain, perolehan suara dimenangkan pasangan nomor urut tiga," pungkas Edy.

[ian]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# Pilkada Bangkalan

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE