'Putusan MK atur kertas suara setuju & tidak setuju konsepnya kabur'

Selasa, 29 September 2015 20:30 Reporter : Al Amin
'Putusan MK atur kertas suara setuju & tidak setuju konsepnya kabur' effendi gazali saat uji materi uu pilpres. ©2014 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Pakar komunikasi Effendi Gazali mengatakan, dengan dikabulkannya uji materi calon tunggal pemilihan gubernur, bupati dan wali kota, setiap calon tunggal pilkada sudah dapat ditetapkan dalam waktu tiga hari. Hal ini, lanjutnya, merupakan sebuah sejarah.

"Jadi MK tadi mengatakan tinggal milih setuju atau tidak setuju," kata Effendi Gazali usai sidang uji materi di Gedung MK, Selasa (29/9).

Sementara itu, terkait keputusan hakim Patrialis Akbar yang menolak mengabulkan uji materi, Effendi mengatakan, hal tersebut menarik untuk dikaji. Menurutnya, korelasi antara calon tunggal dengan kertas surat suara yang berisi kolom setuju dan tidak setuju dianggapnya kabur.

"Karena memang pasangan calon tunggal dengan setuju dan tidak setuju itu konsepnya sangat kabur," ujarnya.

Effendi menambahkan, dalam konteks komunikasi politik, dikabulkannya uji materi dapat memberikan kepastian hukum terhadap calon tunggal Pilkada. Ia menambahkan, daerah yang memiliki calon tunggal nantinya juga tidak mendapat diskriminasi dalam pembangunan.

Seperti diketahui, uji materi calon tunggal Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota diajukan oleh pakar komunikasi politik Effendi Gazali dan Yayan Sakti Suryandaru. Pasal-pasal yang diajukan dalam uji materi adalah Pasal 49 ayat (8) dan ayat (9), Pasal 50 ayat (8) dan ayat (9), Pasal 51 ayat (2), Pasal 52 ayat (2), Pasal 54 ayat (4), ayat (5), dan ayat (6) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2005.

Pemohon mengatakan, ditundanya pilkada yang hanya memiliki satu calon akan merugikan hak konstitusional rakyat. Penundaan pilkada berdasar pada UU Pilkada yang mewajibkan pilkada harus diikuti oleh dua calon. [gil]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini