Puan: Parlemen Harus Mampu Menopang Guncangan Dunia yang Terus Berubah

Minggu, 28 November 2021 17:28 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Puan: Parlemen Harus Mampu Menopang Guncangan Dunia yang Terus Berubah Pergantian Wakil Ketua DPR. ©2021 Liputan6.com/Johan Oktavianus

Merdeka.com - Ketua DPR Puan Maharani menegaskan, di masa krisis, parlemen harus terus menjalankan fungsinya, termasuk melakukan check and balance untuk menghindari penyalahgunaan kekuasaan darurat di masa pandemi Covid-19.

"Parlemen harus mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada lembaga publik agar keputusan lembaga publik dapat diterima rakyat," katanya saat memimpin sesi debat umum dalam Inter Parliamentary Union (IPU) General Assembly ke-143 di Madrid, Spanyol dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (28/11).

Puan mengatakan, peran parlemen di masa krisis bahkan lebih signifikan dari sebelumnya. Dia mengklaim dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat pihaknya menerapkan prinsip keterbukaan dan transparansi dalam bekerja.

"Kami merangkul partisipasi publik dalam pekerjaan DPR. Beberapa inisiatif telah dilakukan seperti sistem layanan informasi publik online sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik," ungkapnya.

Puan menjelaskan, semua pertemuan atau sidang-sidang di DPR harus terbuka dan transparan, kecuali ada pertimbangan khusus. Dia mengatakan DPR telah menyatakan komitmen terhadap keterbukaan parlemen dan memutuskan untuk memiliki Rencana Aksi Nasional (RAN) tentang Keterbukaan Parlemen.

"Tidak ada solusi sederhana untuk setiap tantangan demokrasi. Jalan ke depan di dunia pascapandemi tidak akan mudah. Melalui tanggung jawab bersama dan solidaritas global, saya yakin kita bisa pulih dengan lebih baik," ungkapnya.

Dia menilai saat ini dalam pemerintahan diperlukan kinerja yang baik. Termasuk peran parlemen yang tetap harus memberikan kinerja baik dalam mengakomodasi aspirasi rakyat serta memfasilitasi dialog di antara masyarakat dengan latar belakang berbeda meski banyak tantangannya.

"Parliament must be at the heart of the efforts to strengthen democracy. Parlemen harus tetap menjadi pusat upaya untuk memelihara masyarakat yang demokratis, inklusif, dan sejahtera. Parlemen harus mampu menopang guncangan dunia kita yang terus berubah," pungkasnya. [bal]

Baca juga:
Kunjungi Markas UNWTO di Madrid, Puan Minta Dukungan Promosi Pariwisata Indonesia
Ketua DPR Ajak Semua Pihak Selesaikan RUU TPKS
Ketua DPR Dorong Kuota Pengangkatan Guru Honorer Jadi ASN Diperbanyak
Ketua DPR Minta Pemerintah Berantas Mafia Tanah
Ketua DPR: Hindari Dulu Berpesta dan Berkerumun saat Libur Tahun Baru
Puan
Puan
Puan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini